Jenis Olahraga dan Manfaatnya bagi Stimulasi Janin Trimester Kedua

Jenis Olahraga dan Manfaatnya bagi Stimulasi Janin Trimester Kedua

Jenis Olahraga dan Manfaatnya bagi Stimulasi Janin Trimester Kedua

Masa kehamilan sepatutnya tidak menghalangi Bunda untuk melakukan olahraga. Bila trimester pertama terlalu rentan bagi Bunda untuk berolahraga, memasuki trimester kedua menjadi momentum tepat untuk mulai mencoba olahraga bagi ibu hamil. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Bunda coba, mulai dari senam kegel hingga yoga untuk ibu hamil.

Manfaat Olahraga Hamil bagi Stimulasi Janin

Secara umum, olahraga dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester kedua, olahraga tidak hanya untuk menjaga kebugaran Bunda. Olahraga juga berfungsi untuk menstimulasi tumbuh kembang janin.

Ketika bunda aktif bergerak, peredaran darah juga akan lebih lancar. Hal ini akan membantu distribusi nutrisi pada janin sehingga perkembangannya berjalan lebih baik. Selain itu, penelitian menunjukkan aktifnya Bunda selama masa kehamilan akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan otak janin.

Manfaat lain dari olahraga hamil adalah menurunnya risiko obesitas pada Bunda maupun bayi setelah kelahiran. Risiko seperti kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan yang kurang juga dapat dihindari jika Bunda aktif berolahraga selama masa kehamilan.

Jenis Olahraga yang Dapat Diakukan pada Trimester Kedua

Jenis olahraga yang bisa dilakukan selama masa kehamilan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang biasa dilakukan sehari-hari. Hanya saja, berbagai gerakannya tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan selama kehamilan. Selain itu, Bunda sebaiknya memastikan olahraga yang dilakukan tidak berbahaya bagi keselamatan Bunda dan janin. Berikut beberapa jenis olahraga hamil yang bisa Bunda coba.

  1. Yoga untuk Ibu Hamil

Yoga pada dasarnya termasuk olahraga yang aman bahkan jika dilakukan sejak trimester pertama kehamilan. Karena itu, yoga sangat aman dilakukan saat kehamilan memasuki trimester kedua.

Yoga dapat memberikan berbagai manfaat, mulai dari membantu Bunda berlatih pernapasan, hingga membantu melatih beberapa anggota tubuh untuk proses kelahiran. Ini juga menjadikan Bunda lebih rileks selama menghadapi kehamilan.

  1. Pilates untuk Ibu Hamil

Selain yoga, olahraga serupa seperti pilates juga bisa dilakukan Bunda saat hamil. Pilates dapat memberikan manfaat serupa dengan melakukan yoga saat masa kehamilan. Namun, Bunda sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter kandungan sebelum memutuskan untuk melakukan pilates.

Pastikan juga Bunda melakukan pilates dan yoga dengan pengawasan dan bantuan instruktur untuk ibu hamil. Hal ini untuk memastikan keamanan kehamilan Bunda tetap terjaga selama berolahraga.

  1. Senam Kegel untuk Ibu Hamil

Senam kegel adalah senam yang dilakukan untuk memperkuat otot panggul. Senam kegel untuk ibu hamil dapat mengatasi kesulitan menahan buang air kecil yang kerap dialami ibu hamil. Otot panggul yang lebih kuat dari hasil latihan senam kegel juga diketahui sangat baik untuk melancarkan persalinan. Semakin kuat otot panggul, kekuatan mendorong juga akan lebih kuat. Kondisi ini akan sangat dibutuhkan dalam proses persalinan normal.

  1. Berenang

Olahraga lain yang dapat bunda lakukan selama masa kehamilan adalah berenang. Olahraga yang satu ini dianggap aman karena memiliki risiko lebih kecil dibandingkan olahraga lainnya. Selain itu, berenang dianggap sebagai olahraga yang tidak akan menyebabkan Bunda kelelahan. Sebelum memulai berenang, pastikan sudah melakukan pemanasan ya, Bun.

  1. Berjalan

Olahraga terakhir yang bisa bunda coba selama trimester kedua atau bahkan hingga mendekati saat kelahiran adalah berjalan. Aktivitas ini sangat praktis untuk dilakukan sehari-hari. Berjalan kaki dapat membantu bunda melatih otot kaki, menjaga berat tubuh ideal, dan melancarkan peredaran darah.

Itulah manfaat dan jenis olahraga yang bisa Bunda lakukan selama trimester kedua. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat, Bun. Asalkan dilakukan secara rutin dan konsisten demi kesehatan bunda dan janin, Bunda bisa merasakan manfaatnya.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 2

Bunda Butuh Vitamin Ini untuk ...

Vitamin menjadi salah satu nutrisi esensial untuk menjaga kinerja fungsi tubuh selama masa...

5 Jenis Makanan untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Asupan nutrisi tepat yang diberikan selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin secara...

Stimulasi Janin dalam Kandungan dengan ...

Melakukan olahraga ibu hamil adalah salah satu hal terbaik yang bisa Bunda lakukan untuk kesehatan...

Perkembangan Janin pada Trimester Kedua ...

Saat masa-masa awal kehamilan, mungkin Bunda masih sulit percaya dengan adanya janin yang bernyawa...

Bunda, Kurangi Aktivitas Ini saat ...

Trimester kedua kehamilan kerap disebut “Golden Trimester”. Hal ini karena morning sickness...

Bun, Yuk Intip Makanan untuk ...

Pemberian ASI dilakukan sesaat setelah bayi lahir. Namun, ternyata tubuh Bunda mulai mempersiapkan...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >