Hal yang Perlu Bunda Pertimbangkan saat Memilih Sekolah

Hal yang Perlu Bunda Pertimbangkan saat Memilih Sekolah

Hal yang Perlu Bunda Pertimbangkan saat Memilih Sekolah

Pemilihan sekolah yang tepat sangat penting dilakukan, terutama untuk menunjang pendidikan anak ke depannya. Sekolah dengan kualitas guru, fasilitas, dan lingkungan yang baik akan menentukan perkembangan anak. Sebaiknya Bunda tidak mendaftarkan buah hati ke sekolah tertentu karena mengikuti saran teman, atau karena teman sepermainan anak masuk sekolah yang sama.

Setiap sekolah memiliki kurikulum, pendekatan, pengajaran, dan nilai-nilai berbeda. Cara belajar yang fokus dengan pengajaran aktif dan merangsang rasa ingin tahu anak lebih baik karena dapat berdampak baik dalam perkembangan anak. Orang tua sebaiknya memahami lingkungan sekolah yang dipilih agar dapat membentuk dan mengembangkan karakter anak.

Sepuluh Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Sekolah

  1. Ketika memperhatikan kebutuhan psikologis mendasar dan tahap perkembangan anak, hal utama yang perlu diperhatikan adalah usia. Tidak ada salahnya jika Bunda mulai memasukkan anak ke PAUD ketika usianya sudah menginjak 3 tahun. Saran ini tidak memaksa, Bun. Selama Bunda masih bisa mengajarkan hal-hal dasar seperti pengetahuan baca, tulis, dan berhitung di rumah, PAUD bukanlah kebutuhan yang mesti dipenuhi.

  2. Setiap anak memiliki kebutuhan individu yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah sekolah yang bisa memberikan cara mengajar sesuai dengan ritme belajar anak. Contohnya, mengajar menggunakan alat bantu atau menanamkan gaya belajar visual kepada anak.

  3. Membantu menanamkan nilai-nilai yang mendorong anak untuk mandiri, berani, dan berkembang cerdas. Untuk hal ini, Bunda bisa memilihkan sekolah yang mampu mengakomodasi hal tersebut.

  4. Sebaiknya Bunda memilih sekolah yang memiliki tujuan pendidikan yang selaras  dengan tujuan orang tua. Orang tua perlu memperhatikan visi dan misi sekolah untuk mengetahui bagaimana sebuah sekolah menerapkan metode efektif untuk membantu perkembangan belajar anak.

  5. Perhatikan juga cara guru berinteraksi dengan murid. Hubungan guru dan murid yang tulus dan menyenangkan dapat membantu meningkatkan prestasi dan rasa percaya diri anak.

  6. Lingkungan sekolah yang menyenangkan dan membuat anak nyaman untuk menghabiskan waktu pada jam sekolah. Fasilitas sekolah juga bisa menentukan apakah anak nyaman selama jam belajar berlangsung atau tidak.

  7. Tentukan kriteria dalam menentukan sekolah yang terbaik. Bunda juga sebaiknya minta saran dalam memilih sekolah yang layak bagi buah hati Bunda untuk belajar.

  8. Perhatikan jarak dari sekolah ke rumah agar anak tidak kesulitan dan tidak mudah kelelahan dalam pergi-pulang sekolah. Jarak juga dapat membangun kemandirian anak, Bun. jika jarak tidak terlalu jauh dari rumah, anak bisa dibiarkan pulang sendiri. Namun, Bunda sebaiknya tetap melakukan pemantauan pada tahun-tahun pertama, ya.

  9. Sekolah yang memperhatikan enam aspek perkembangan anak, di antaranya; moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Bunda dapat memasukkan enam aspek tersebut dalam pertimbangan Bunda. Perhatikan apakah sekolah memiliki pemahaman yang sama terhadap aspek-aspek tersebut dengan keluarga Bunda.

  10. Sistem belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan dapat membuat anak senang dan antusias belajar. Kepribadian guru juga menentukan sistem belajar yang membuat senang. Anak akan merasa nyaman dan bersemangat datang ke sekolah.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Bunda pertimbangkan dalam menentukan sekolah anak. Selamat memilih sekolah, Bun.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

2 Tips Penting Mempersiapkan Si Kecil ...

Memasuki usia sekolah adalah momen penting bagi Bunda dan anak.

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Agar ...

Bunda apakah si Kecil sudah siap sekolah? Hari pertama sekolah si Kecil adalah tahap kehidupan baru...

3 Rahasia Agar Si Kecil Berprestasi ...

Prestasi si Kecil di sekolah tidak terlepas dari dukungan dan peran orang tua di rumah.

Pentingnya Dukungan Nutrisi Bagi 33Juta ...

Jakarta - Komitmen dan dukungan kolektif masyarakat untuk memenuhi asupan nutrisi bagi anak sejak...

Masa Depan Bangsa Ditangan 33 Juta ...

Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia 2017 pada Riset Data dan Informasi Kementerian Kesehatan...

33 Juta Anak Indonesia, Fondasi Kuat ...

Indonesia sebagai negara berkembang tentu memiliki target untuk menjadi negara maju pada tahun...

Artikel Terpopuler

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya >

Bun, Ini Penyebab Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Resep MPASI: Bubur Beras ...

Baca Selengkapnya >

Tips Aktivitas untuk Mendukung ...

Baca Selengkapnya >