Facebook Pixel Code Dorayaki Ungu

Dorayaki Ungu

Dorayaki Ungu
Dorayaki Ungu
Icon Food Child
Icon Duration 20m

Dorayaki Ungu

Bahan - Bahan yang Diperlukan :

Gula pasir 100 gr

Mentega 75 gr

2 butir telur (100 gr)

1/2 sdt baking powder

Ubi ungu, rebus, haluskan 250 gr

Tepung terigu 125 gr

SGM Eksplor 1 Plus atau 3 Plus Rasa Madu 15 gr

 

Cara Pembuatan Dorayaki Ungu :

  1. Campurkan bahan baking powder, mentega, gula pasir, telur dan hingga kaku. Lalu tambahkan ubi ungu dan kemudian kocok kembali dengan menggunakan kecepatan rendah
  2. Tambahkan tepung terigu dan SGM Eksplor 1 Plus atau 3 Plus Rasa Madu, kemudian aduk hingga rata. Tambahkan satu sendok sayur adonan, kemudian tuang di atas pan anti lengket dan biarkan hingga kecoklatan
  3. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Kemudian sajikan dorayaki dengan menumpuk atau menggabung 2 buah dorayaki.

Bagaimana Bun cukup mudah bukan membuat menu masakan harian berupa dorayaki ungu? Saat membuatnya, coba ajak si Kecil untuk membantu membuat makanan satu ini agar kegiatan memasak bisa lebih seru dan Bunda juga bisa mengenalkan si Kecil tentang berbagai bahan makanan. Pasti seru, Bun!

Jangan lupa ya Bunda, untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil sehari-hari. Pastikan menerapkan pola makan lengkap dan seimbang sehingga si Kecil mendapatkan nutrisi yang adekuat untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Bunda juga bisa bantu lengkapi nutrisinya dengan SGM Eksplor Complinutri, dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.

 

Selamat berkreasi resep sehat dengan si Kecil ya, Bun!

Dorayaki Ungu

Kalau mendengar kata dorayaki yang langsung teringat adalah kartun Jepang Doraemon. Ya, cemilan anak satu ini menjadi salah salah satu makanan kesukaan kartun dengan karakter kucing satu ini. Pada dasarnya dorayaki merupakan kue yang bentuknya bundar sedikit tebal dan terdiri dari dua kue panekuk serta direkatkan oleh selai kacang merah. Tekstur dari dorayaki lembut. Dorayaki juga sekilas mirip dengan makanan khas Jepang lainnya bernama imagawayaki, namun berbeda dari cara memanggang dan bentuknya.

Nama cemilan anak satu ini diambil karena bentuknya yang serupa dengan gong yang dalam bahasa Jepang bernama dora. Ada juga yang percaya jika dorayaki diciptakan oleh samurai bernama Saito Musashibo Benkei. Saat itu Benkei terluka dan perlu mendapatkan perawatan dari salah satu masyarakat di sana.

Setelah sembuh, sebagai tanda ucapan terima kasih pada orang yang merawatnya, Benkei memanggang adonan yang dibuatnya dari campuran tepung terigu dan air yang berada di atas gong. Kemudian dari campuran bahan tersebut terciptalah kue bundar yang diisi selai kacang merah yang sekarang banyak dikenal sebagai cemilan anak ini.

Dorayaki ala Indonesia biasanya sudah banyak dikreasikan menjadi menu harian sederhana dan disesuaikan dengan kesukaan orang lokal, misalnya saja dorayaki dengan isi keju dan cokelat. Tapi bukan cuma itu, Bunda juga bisa membuat menu masakan harian untuk cemilan anak saat di rumah berupa dorayaki ubi ungu.

Ubi ungu yang sering digunakan untuk resep cemilan sehat  ini mengandung banyak serat. Tetapi, ubi ungu memiliki vitamin yang lebih banyak dibandingkan kentang. Ubi ungu sendiri memiliki manfaat bagi kesehatan karena tinggi serat yang bisa buat rasa kenyang lebih lama dan menjaga nafsu makan untuk tidak makan berlebihan. Ubi ungu juga memiliki kandungan serat pati resisten yang bisa bantu minimalisir terjadinya obesitas.

Selain itu, umbi yang banyak dipakai pada resep cemilan sehat ini termasuk bahan makanan yang rendah kalori dan memberikan tubuh energi tambahan. Kandungan karbohidrat di dalamnya bisa membantu otak memproduksi glukosa, sehingga bisa membantu jaga fokus dan konsentrasi.

Dengan begitu banyak manfaat dari ubi ungu, yuk Bunda berkreasi dengan membuat menu sehat anak dorayaki ungu yang bahan dan cara membuatnya cukup mudah untuk 10 porsi (buah).


Nilai Gizi per Resep

Energi: 1861.1 kkal

Protein: 33.2 gram

Lemak: 74.5 gram

Karbohidrat: 271.4 gram

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan