Kembali

Pantau Pertumbuhan Anak dengan Grafik Pertumbuhan Interaktif

*Fitur ini hanya dapat digunakan untuk Bunda dengan anak usia 0-2 tahun.

Bunda, di usia 0-2 tahun, si Kecil sedang mengalami pertumbuhan yang pesat, termasuk perkembangan otak anak dan organ-organ tubuh lainnya. Pada periode ini, penting bagi Bunda untuk memantau pertumbuhan si Kecil secara cermat dan berkala. Gunanya adalah untuk mendeteksi gangguan pertumbuhan, yang jika tidak ditangani dengan tepat, dapat berakibat jangka panjang pada kualitas hidup si Kecil.

Untuk memantau pertumbuhan si Kecil, Bunda bisa mengacu pada grafik pertumbuhan yang dikeluarkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang terdapat di Kartu Ibu dan Anak (KIA) dan Kartu Menuju Sehat (KMS). Grafik ini merupakan acuan yang umum digunakan oleh dokter dan tenaga kesehatan di Indonesia untuk memantau pertumbuhan anak. Simak lebih lanjut cara membaca grafik WHO di bawah ini ya, Bun.

Grafik Pertumbuhan WHO & Cara Membacanya

Grafik pertumbuhan WHO mengukur pertumbuhan anak usia 0-2 tahun menggunakan beragam jenis indikator. Beberapa indikator yang paling umum digunakan adalah:

  • Berat badan menurut panjang badan (BB/PB)
  • Berat badan menurut umur (BB/U)
  • Panjang badan menurut umur (PB/U)
  • Lingkar kepala menurut umur (LK/U)

Grafik berat menurut panjang (BB/PB). Temukan panjang badan (cm) si Kecil pada garis mendatar dan tarik garis ke atas. Temukan berat badan (kg) si Kecil pada garis vertikal dan tarik garis ke kanan. Lihat pertemuan kedua garis dan tandai dengan titik. 

 

Grafik berat menurut umur (BB/U). Temukan umur (bulan) si Kecil pada garis mendatar dan tarik garis ke atas. Temukan berat badan (kg) si Kecil pada garis vertikal dan tarik garis ke kanan. Lihat pertemuan kedua garis dan tandai dengan titik.

 

Grafik panjang menurut umur (PB/U). Temukan umur (bulan) si Kecil pada garis mendatar dan tarik garis ke atas. Temukan panjang badan (cm) si Kecil pada garis vertikal dan tarik garis ke kanan. Lihat pertemuan kedua garis dan tandai dengan titik.

Grafik Lingkar kepala menurut umur (LK/U). Temukan umur (bulan) si Kecil pada garis mendatar dan tarik garis ke atas. Temukan lingkar kepala (cm) si Kecil pada garis vertikal dan tarik garis ke kanan. Lihat pertemuan kedua garis dan tandai dengan titik.

Titik temu (plot) tersebut merupakan gambaran pertumbuhan si Kecil menurut WHO. Bila Bunda perhatikan, ada 7 garis warna-warni yang ditandai dengan angka 0, 1, 2, 3, -1, -2, dan -3. Semakin dekat titik temu dengan garis hijau atau garis 0, maka semakin ideal pula pertumbuhan si Kecil. Untuk lebih memahami grafik pertumbuhan anak, Bunda bisa download tabel grafik pertumbuhan dari WHO berikut, atau bisa langsung gunakan grafik pertumbuhan anak yang ada di halaman ini untuk langsung mengukur pertumbuhan si Kecil ya!

Referensi

  1. https://www who.int/childgrowth/standards/en/Accessed Oct 1.2020
  2. https://www.idai.or.id/professional-resources/growth-chart/kurva-pertumbuhan-who Accessed Oct 1,2020
  3. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-petumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1 Accessed Oct 1.2020

*Fitur ini hanya dapat digunakan untuk Bunda dengan anak usia 0-2 tahun.

Keunggulan Grafik Pertumbuhan Interaktif


ilustrasi

1. Skala Pengukuran Lengkap

Ketahui grafik pertumbuhan anak mulai dari berat, panjang, hingga lingkar kepala di sini.

ilustrasi

2. Sesuai Pedoman WHO

Seluruh informasi terkait kurva dan grafik pertumbuhan untuk dukung potensi maksimal Si Kecil telah disesuaikan dengan pedoman dari WHO.

ilustrasi

3. Pengukuran Interaktif

Pantau pertumbuhan anak secara berkala di rumah dengan mencatatnya dan melihat rekap datanya di Grafik Pertumbuhan Anak Generasi Maju.

Air susu ibu adalah yang terbaik untuk bayi dan sangat bermanfaat penting bahwa dalam persiapan untuk dan selama untuk menyusui, anda melakukan diet yang sehat dan seimbang. Menggabungkan pemberian ASI anda. dan sulit untuk dapat menyusui kembali bila telah berhenti, konsultasikan kepada dokter, bidan atau ahli medis lainnya untuk nasihat petunjuk fabrikan secara seksama

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut