Facebook Pixel Code 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak saat Pancaroba

Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pancaroba

Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pancaroba

Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pancaroba

Daya Tahan Tubuh Anak Saat Pancaroba

Setiap orang tua tentu ingin mencegah buah hati jatuh sakit. Salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh anak adalah musim pancaroba. Kenapa Bunda harus lebih waspada dan bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh anak saat pancaroba? Yuk, kita simak bareng.

Musim pancaroba adalah peralihan dari satu musim ke musim lainnya. Di Indonesia, musim pancaroba umumnya berlangsung pada bulan Maret-April, yaitu peralihan dari musim hujan ke kemarau; juga pada bulan Oktober-Desember atau saat musim kemarau beralih ke musim hujan. Musim pancaroba juga identik dengan musim sakit karena perbedaan cuaca berkaitan erat dengan serangan penyakit, alergi dan daya tahan tubuh anak yang menurun.

Penyakit yang sering menyerang daya tahan tubuh anak saat musim pancaroba umumnya berkaitan dengan pernafasan atau ISPA; misalnya asma, batuk, flu dan pilek, alergi, hingga sakit kepala. Untuk menghindari dan mencegah anak sakit saat pancaroba adalah memperkuat daya tahan tubuhnya.

Bunda tentu ingin anak bisa tumbuh tinggi dan kuat serta sehat. Agar masa pertumbuhannya tidak sampai terhambat karena sakit, perhatikan daya tahan tubuh anak, terutama saat musim pancaroba.

Sesuai rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia, berikut lima cara memperkuat daya tahan tubuh anak saat musim pancaroba.

1. Lingkungan & Sanitasi Bersih

Daya tahan tubuh anak berawal dari lingkungan yang bersih dan sanitasi yang higienis. Baik untuk anak usia bayi hingga balita, daya tahan tubuh mereka akan semakin terjaga jika Bunda telaten menciptakan lingkungan rumah yang bersih.

Selain rutin membersihkan rumah secara menyeluruh dengan seksama, cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh anak adalah membangun kebiasaan mencuci tangan dengan sabun. Menjaga higienitas tangan penting untuk menghindari penyebaran infeksi dan kuman penyakit, termasuk untuk kuman diare dan pernafasan.

2. Konsumsi Menu Seimbang

Jaga asupan makanan anak dengan cara memberikan menu 4 sehat 5 sempurna demi menjaga daya tahan tubuh anak. Beberapa makanan yang dianjurkan saat musim pancaroba antara lain:

  • Sup ayam hangat padat protein yang dapat mengurangi gejala pilek.

  • Yogurt yang mengandung probiotik bakteri baik untuk perlindungan sistem pencernaan.

  • Lemak Omega-3 seperti ikan, minyak kelapa atau alpukat untuk memerangi infeksi.

  • Sayur dan buah-buahan.

Pastikan juga anak banyak minum air sepanjang hari untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman yang banyak gula seperti jus olahan atau soda karena kurang baik untuk tubuh.

3. Nutrisi Ekstra

Sempurnakan menu 4 sehat menjadi 5 sempurna dengan menambahkan asupan nutrisi berupa susu SGM yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan anak. Manfaat susu SGM mencakup protein, Omega-3, Omega-6, zat besi, kalsium, fosfor dan vitamin B kompleks yang baik untuk pertumbuhan otak dan fisik anak. Selain itu, asupan nutrisi lengkap membuat anak tetap aktif, cerdas, dan tidak mudah jatuh sakit.

4. Rutin Berolahraga

Anak juga bisa mendapatkan manfaat daya tahan tubuh yang lebih kuat dengan rutin berolahraga atau aktivitas fisik. Pilih olahraga yang sesuai dengan fisik dan kemampuan anak, misalnya bersepeda, berjalan santai, atau bermain bola. Hindari berenang saat cuaca kurang baik karena akan membuat anak mudah jatuh sakit.

5. Istirahat Cukup

Pastikan anak sudah mendapatkan istirahat yang cukup sesuai porsi untuk usianya. Tidur adalah salah satu cara supaya tubuh meregenerasi sel-sel dalam tubuh, mencegah penyakit, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Careline FA

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

Benarkah Si Kecil yang Tidak ...

Zat Besi merupakan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif si...

Susu Anak untuk Pertumbuhan Tulang, ...

Susu anak untuk pertumbuhan tulang bisa mendukung si kecil tumbuh tinggi dan sehat. Yuk, kenali...

5 Cara agar Anak jadi Generasi ...

Cara mendorong agar anak percaya diri dan berani adalah dengan bermain bersama. Kok bisa? Temukan...

3 Alasan Orangtua Perlu Rutin Ceritakan ...

Membacakan buku cerita dan dongeng merupakan ajang pembelajaran bagi anak sebelum sekolah. Ini dia...

Nutrisi untuk Bantu Dukung Tumbuh ...

Nutrisi seimbang penting didapatkan si Kecil, terutama yang memasuki usia 3 tahun. Salah satunya...

Sarapan Kaya Zat Besi Ternyata ...

Sarapan adalah bagian penting untuk menambah energi si Kecil dalam belajar. Apa saja manfaat...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan