Facebook Pixel Code 5 Cara Mudah Supaya Anak Cerdas di Masa Prasekolah

5 Cara Mudah Supaya Anak Cerdas di Masa Prasekolah

5 Cara Mudah Supaya Anak Cerdas di Masa Prasekolah

5 Cara Mudah Supaya Anak Cerdas di Masa Prasekolah

Memiliki buah hati yang pintar adalah impian dari semua orang tua. Sebab, dengan begitu, Si Kecil diharapkan dapat meraih segala mimpinya di setiap fase kehidupan, mulai dari sukses secara akademis di sekolah maupun sukses berkarier di dunia kerja saat dewasa nanti.

Tapi, rupanya sebagian dari kita masih ada yang percaya bahwa tolok ukur kepintaran anak adalah yang berhubungan dengan kecerdasan intelektual (IQ), seperti kemampuan berbahasa dan memecahkan masalah. Padahal, cara membuat anak pintar perlu dilakukan secara holistik.

Artinya, Bunda juga perlu memperhatikan kecerdasan emosional (EQ) secara bersamaan. Untuk lebih jelasnya, simak kelima cara sederhana berikut ini supaya anak cerdas!

Bangun Kecerdasan Emosional (EQ)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memperhatikan IQ dan EQ secara bersamaan adalah hal yang penting. Pasalnya, EQ membantu Si Kecil untuk mengenali perasaannya dan orang lain serta membantunya dalam mengambil keputusan.

Kemampuan-kemampuan seperti ini nantinya bisa mempengaruhi bagaimana Si Kecil menjalani hidup. Bahkan, tingkat EQ yang baik memiliki hubungan sebab akibat dengan kesuksesan di dunia kerja, berpengaruh pada tingkat IQ, dan juga kesehatan mental buah hati! 

Berikut adalah cara supaya anak cerdas secara emosional (EQ)!

  • Tunjukkan rasa empati terhadap perasaannya

  • Ajari cara mencurahkan perasaan yang tepat

  • Bantu ia mengatur perasaannya, seperti dengan latihan bernapas dan menggambar

  • Jadilah contoh yang baik bagi Si Kecil

Ajarkan Anak Mengenai Kegagalan

Tak dimungkiri, kegagalan merupakan bagian dari kehidupan dan terkadang tidak dapat dihindari. Namun, hal yang terpenting adalah bagaimana respons hal-hal yang diungkapkan oleh Si Kecil. Dukung ia untuk mencoba lagi dan lagi hingga meraih kesuksesan, sehingga Si Kecil tidak akan takut akan kegagalan dan, bahkan, menjadi tangguh saat menghadapinya.

Jadikan Belajar Sebagai Aktivitas Menyenangkan

Apakah Si Kecil memiliki aktivitas yang ia senangi? Jika memungkinkan, masukkan aspek-aspek edukatif pada kegiatan tersebut, sehingga suasana hatinya terus baik dan Si Kecil dapat dengan senang hati belajar. Intinya, pola pikir yang positif bisa jadi cara membuat anak pintar karena mengoptimalkan proses pembelajaran, Bun!

Biarkan Anak Mengikuti Kesenangannya

Untuk sukses di dunia luar, Si Kecil tidak harus menguasai segala bidang. Apabila ada satu pelajaran yang menjadi kesulitan, Bunda dapat terus mendukungnya, tetapi, pastikan juga untuk mendukungnya pada pelajaran yang ia gemari. Sebagai contoh, Bunda bisa menyewa jasa tutor, membelikan buku, atau mendukung Si Kecil untuk mengikuti perlombaan yang berhubungan dengan kegemarannya.

Mulai dari Makanan Bernutrisi Seimbang

Mengonsumsi nutrisi yang cukup dapat menunjang kesehatan otak Si Kecil. Maka dari itu, Bunda perlu memastikan nutrisi tersebut seimbang agar perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil dapat terus terjaga. Pastikan Si Kecil memperoleh vitamin, mineral, antioksidan, karbohidrat, serat, protein, serta lemak-lemak baik.

Untuk mendukung cara membuat anak pintar yang satu ini, Bunda dapat memberikan buah hati SGM Eksplor 3 Plus PRO-GRESS MAXX dengan IronC. Sebab, produk ini dirancang dengan formula yang merupakan kombinasi unik dari vitamin C dan zat besi serta memiliki kandungan lainnya, seperti omega 3 dan 6, kalsium, zinc, serat, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung Si Kecil meraih 5 Potensi Generasi Maju, yakni: tangguh, berpikir cepat, rasa percaya diri, aktif bersosialisasi, serta tumbuh tinggi.

Demikian informasi seputar cara supaya anak bisa cerdas. Secara singkat, mendukung kepintaran anak tidak dapat dilakukan dengan memperhatikan satu aspek saja, tapi juga dengan memperhatikan kemampuan emosional (EQ) dan juga asupan nutrisinya. Selamat mencoba, ya, Bun!

Sumber:

  • Stanborough, Rebecca Joy. (2021, January 25). EQ vs. IQ: Which One Is More Beneficial? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/eq-vs-iq

  • Urquijo, Extremera, & Azanza. (2019). The Contribution of Emotional Intelligence to Career Success: Beyond Personality Traits. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(23), 4809. https://doi.org/10.3390/ijerph16234809

  • Morin, Amy. (2021). 6 Parenting Strategies for Raising Emotionally Intelligent Kids. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/tips-for-raising-an-emotionally-intelligent-child-4157946

  • 10 proven ways to help your child do well at school. Simple steps every parent can try at home. (2021, June 25). School Catchment Area Checker To Compare Schools | Best School Guide. https://www.schoolguide.co.uk/blog/10-proven-ways-to-help-your-child-do-well-at-school-simple-steps-every-parent-can-try-at-home?

  • Nunez, K. (2020, March 18). 10 Evidence-Backed Ways to Become Smarter. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-become-smarter

  • Krans, B. (2020, June 3). Balanced Diet. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/balanced-diet#what-to-eat

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

5 Cara Mendidik Anak Usia Dini ...

Bagaimana cara mendidik anak usia dini agar tumbuh kembangnya optimal? Simak informasi lengkapnya...

Bunda, Pahami Perkembangan Emosi Anak ...

Memahami tahapan perkembangan emosi anak dari usia 1 hingga 5 tahun sangat penting. Dengan begitu,...

5 Makanan Sumber Nutrisi Otak Anak

Makanan sehat bergizi sumber nutrisi otak anak yang dapat menunjang perkembangan tidak harus selalu...

Tahapan Penting Perkembangan Balita

Balita adalah tahapan pertumbuhan di usia 2 hingga 4 tahun. Simak bagaimana si Kecil menunjukkan...

Penyebab Anak Kurang Gizi dapat ...

Kurang gizi merupakan penyebab utama terjadinya stunting. Ketahui penyebab kurang gizi agar dapat...

Jadwal Imunisasi Bayi IDAI 2020. Jangan ...

Pastikan agar imunisasi buah hati tidak terlewat. Simak jadwal imunisasi bayi yang dikeluarkan oleh...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut