Facebook Pixel Code Cara Mendidik Anak agar Kreatif dan Aktif

Cara Mendidik Anak agar Kreatif dan Aktif

Cara Mendidik Anak agar Kreatif dan Aktif

Cara Mendidik Anak agar Kreatif dan Aktif

Saat mendidik anak, tidak sedikit orangtua yang hanya fokus pada faktor akademik, padahal kreativitas dan keaktifan si kecil juga penting untuk dipantau. Cara mendidik anak agar lebih kreatif dan aktif memang butuh tenaga, kesabaran, dan ketenangan untuk mendampinginya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendidik anak untuk lebih kreatif dan aktif.

Cara mendidik anak agar lebih kreatif dan aktif

Pada dasarnya, anak memiliki imajinasi yang tidak terbatas dan ini menjadi modal untuk membuatnya lebih kreatif.

Namun dengan teknologi dan gadget yang saat ini mudah didapatkan, hal ini terkadang membuat anak kurang aktif dan kreatif.

Melansir dari Healthy Children, anak-anak dan remaja menghabiskan waktu lebih dari 7 jam untuk asyik bermain dengan ponsel, komputer, atau alat elektronik lainnya.

Untuk mengatasinya, berikut cara mendidik anak untuk melatih kreativitas dan keaktifannya:

Buat permainan sederhana

Mengutip dari Psychcentral, cara mendidik anak untuk lebih kreatif tidak harus dengan permainan yang rumit.

Charlotte Reznick, seorang psikolog pendidikan anak menyarankan untuk membuat aktivitas seru bersama anak yang sederhana, misalnya bermain balok susun atau bermain peran. 

Lewat permainan ini, anak-anak akan bermain dengan imajinasinya yang tidak terbatas, misal membangun balok susun sesuai keinginan dan bayangannya.

Sebaiknya tidak perlu memberi perintah khusus saat anak bermain balok susun, biarkan si kecil asyik dengan kreativitasnya.

Begitu juga dengan bermain peran, Bunda bisa bermain bersamanya. Sebagai contoh, anak berperan menjadi dokter dan Anda sebagai pasien.

Minta anak untuk melakukan tugas dokter, setelah itu biarkan mengalir agar anak bisa bermain dengan imajinasi seputar profesi dokter. 

Selain itu, Bunda juga bisa memberikan selembar kertas dan alat gambar, pensil warna atau krayon. Lalu, biarkan si kecil mencoret dan menggambar sesuai dengan imajinasi yang ada di pikirannya.

Biarkan anak melatih rasa kreatifnya

Bunda bisa mengajak anak berkunjung ke perpustakaan, kebun binatang, atau museum purba. Di sana, pancing imajinasi anak dengan bertanya apa yang ia lihat, bagaimana suasana di sana, atau seperti apa suara binatang yang ia lihat. 

Bunda juga bisa mengajak anak membuat prakarya, seperti wayang dari kertas, menggambar, berkebun, mendekor kamar, atau memasak bersama.

Di samping melatih anak untuk lebih kreatif, Bunda tetap perlu menjaga kesehatan si kecil di musim virus seperti sekarang.

Hindari terlalu mengatur anak

Cara mendidik dengan banyak aturan membuat anak cepat bosan lho, Bunda. Pada dasarnya, anak cenderung ingin melakukan banyak hal dan rasa penasarannya tinggi. Aturan yang terlalu saklek kerap membuat ruang kreativitasnya terbatas, Bunda perlu mengarahkan si Kecil. 

Bila anak senang bergerak mengikuti musik, arahkan si kecil untuk menari.

Mengarahkan anak sesuai minat dan bakat memang butuh kepekaan orang tua. Tidak perlu terburu-buru, lakukan secara perlahan sambil pantau aktivitasnya.

Kurangi menonton TV 

Teknologi dan dunia digital yang berkembang pesat membuat aktivitas anak hanya berkutat pada bermain gadget. Ini yang akhirnya membuat anak kurang aktif untuk menjelajahi banyak hal. 

Salah satu cara mendidik anak agar lebih aktif adalah dengan mengurangi durasi menonton TV atau bermain gadget.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan durasi menonton anak 1-2 jam dalam sehari.

Bunda bisa memakai waktu luang untuk bermain dan melakukan aktivitas fisik. Bila ingin membiarkan anak bermain gadget, hanya gunakan untuk sarana belajar si kecil.

Memberi contoh pada anak

Anak-anak adalah peniru ulung. Bila ingin si kecil lebih kreatif, Bunda bisa memberi contoh padanya. Bagaimana caranya? Saat Bunda memberikan kertas dan alat gambar, coba ikut terlibat dalam proses kreativitas si kecil dan ikut menggambar dan mewarnai.

Selain melatih dan mendidik kreativitas anak, menggambar bersama juga bisa menjadi cara untuk mendekatkan hubungan antara orangtua dan anak. 

Melakukan aktivitas fisik bersama

Untuk mendidik anak lebih aktif, cara yang bisa dilakukan orangtua adalah memilih aktivitas fisik untuk tumbuh kembang anak yang cocok dilakukan bersama si kecil.

Untuk anak usia 5 tahun ke atas, Bunda bisa mengajak anak untuk bermain sepak bola, bersepeda, atau berenang.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

Permainan untuk Anak Perempuan yang ...

Permainan anak perempuan yang tepat dapat mengasah otak dan mengembangkan kemampuan fisik dan...

Cara Memilih Susu Terbaik untuk ...

Memasuki masa sekolah, anak masih perlu asupan nutrisi tambahan dari susu. Lalu, bagaimana cara...

Mempersiapkan Si Kecil Masuk Lingkungan ...

Memasuki usia sekolah adalah momen penting bagi Bunda dan anak.

Agar Si Kecil Siap Masuk ...

Bunda apakah si Kecil sudah siap sekolah? Hari pertama sekolah si Kecil adalah tahap kehidupan baru...

Rahasia Si Kecil Berprestasi Di ...

Prestasi si Kecil di sekolah tidak terlepas dari dukungan dan peran orang tua di rumah.

Nutrisi Bagi 33Juta Anak Penerus ...

Jakarta - Komitmen dan dukungan kolektif masyarakat untuk memenuhi asupan nutrisi bagi anak sejak...


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Periode Emas Pertumbuhan Anak ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut