Facebook Pixel Code Cara Memilih Susu yang Baik untuk Ibu Hamil. Wajib Tahu!

Begini Cara Memilih Susu yang Baik untuk Ibu Hamil

Begini Cara Memilih Susu yang Baik untuk Ibu Hamil

Begini Cara Memilih Susu yang Baik untuk Ibu Hamil

Pola makan yang dikonsumsi oleh para Bunda yang sedang hamil akan mempengaruhi perkembangan janin serta kesehatannya saat sudah dilahirkan. Nah, untuk memastikan proses kehamilan berjalan lancar, selain mengonsumsi nutrisi lengkap dan seimbang dan rutin berolahraga untuk ibu hamil, rupanya banyak juga yang memilih mengonsumsi produk susu. Hal ini sesuai dengan informasi American Preganancy Association di mana setiap ibu hamil sebaiknya minum susu 3 kali sehari pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Tujuannya membantu menunjang nutrisi esensial yang dibutuhkan.

Apakah Bunda salah satu yang berniat mulai mengonsumsi susu di masa kehamilan? Jika iya, simak cara memilih susu yang baik untuk ibu hamil berikut ini!

Pilihlah yang Rendah Lemak

Mengonsumsi susu adalah hal yang penting di saat kehamilan. Bahkan, menurut the Canadian Medical Association Journal, para ibu yang hanya mengonsumsi satu gelas susu atau kurang dari itu cenderung melahirkan bayi dengan berat yang lebih rendah.

Sebagai orang tua, tentu saja kita ingin buah hati memiliki berat badan yang ideal. Namun, pada saat yang bersamaan, penting bagi Bunda untuk memilih produk susu dengan kandungan lemak yang rendah. Dengan begitu, Bunda juga dapat terhindar dari risiko yang diakibatkan kolesterol jahat, meski minum susu lebih dari satu gelas.

Pastikan Susu Pilihan Mengandung Zat Besi yang Tinggi

Kehamilan akan memicu produksi darah secara signifikan. Nah, pada saat yang bersamaan, hal ini pun meningkatkan kebutuhan zat besi saat kehamilan. Sebab, zat besi ini dibutuhkan oleh tubuh Bunda untuk memproduksi sel darah merah.

Apabila kebutuhannya tidak terpenuhi, Bunda pun jadi tak luput dari risiko anemia akibat kekurangan zat besi atau iron-deficiency-related anemia. Kondisi ini nantinya bisa mempengaruhi janin dan proses melahirkan, misalnya kurang berat badan pada bayi atau kelahiran prematur. Maka dari itu, susu yang baik untuk ibu hamil adalah yang juga tinggi zat besi!

Perhatikan Kandungan Kalsium pada Susu

Salah satu alasan utama para ibu mengonsumsi susu adalah untuk memperoleh kalsium. Jika, Bunda adalah salah satunya, perlu diketahui kalau hal ini sangatlah tepat karena tubuh Bunda membutuhkan sekitar 1.000mg kalsium setiap harinya agar dapat membentuk tulang janin yang dikandung. Susu yang bagus untuk ibu hamil tentu saja mengandung kalsium yang cukup, Bun!

Jika Bisa, Pastikan Adanya Kandungan Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan saat kehamilan. Pasalnya, asam folat dapat membantu si Kecil terhindar dari birth defects yang terbilang sangat serius. Salah satu contoh birth defects tersebut adalah neural tube defect yang terjadi pada tabung saraf.

Akibatnya, si Kecil dapat mengalami berbagai gejala seperti tidak dapat mengontrol buang air besar dan kecil, serta kelumpuhan pada kakinya. Maka dari itu, sudah sewajarnya jika susu yang baik untuk ibu hamil juga mengandung asam folat.

Demikian beberapa penjelasan seputar cara memilih susu untuk diminum saat kehamilan. Kesimpulannya, memperhatikan pola makan merupakan hal yang penting. Tapi, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi susu setiap hari untuk membantu Bunda memenuhi kebutuhan nutrisi.

Adapun pilihan susu yang baik untuk ibu hamil yang bisa Bunda pertimbangkan adalah SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Zat Besi yang dirancang untuk ibu hamil dan menyusui. Seperti namanya, varian SGM ini mengandung zat besi untuk mendukung perkembangan otak janin. Tapi, selain itu, susu ini pun juga tinggi kalsium, tinggi asam folat, mengandung minyak ikan, serta merupakan sumber vitamin D.

Konsumsi SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Zat Besi setiap hari untuk mendukung si Kecil tumbuh dan berkembang secara optimal serta menjadi bagian dari Generasi Maju di masa depan!

Sumber:

https://www.health.qld.gov.au/news-events/news/why-take-folic-acid-pregnant-spina-bifida

https://www.momjunction.com/articles/types-milk-can-consumed-pregnancy_0076537/

https://www.healthline.com/health/pregnancy/iron-rich-foods-for-pregnancy

https://www.wm.edu/as/programs/healthy_beginnings/files/healthy_beginnings_originals/the_importance_

of_%20low_fat_dairy_consumption_pamphlet_final.pdf

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 1

Vaksin untuk Ibu Hamil? Cek ...

Vaksin saat hamil di tengah pandemi adalah hal yang bisa (bahkan perlu) untuk para ibu lakukan....

6 Jenis Imunisasi Ibu Saat Hamil ...

Imunisasi adalah hal yang wajib untuk dilakukan, termasuk bagi para ibu yang sedang hamil. Simak...

Imunisasi Ibu Hamil. Amankah?

Imunisasi adalah sesuatu yang mampu menyelamatkan Bunda dan janin jika dilakukan dengan tepat....

Bolehkah Ibu Menyusui Divaksin? Cek ...

Banyak yang mempertanyakan bolehkah ibu menyusui divaksin? Simak jawaban lengkapnya di sini!

5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu ...

Ingin menambah asupan zat besi untuk ibu hamil? Berikut rekomendasi makanan penambah zat besi...

Perhatikan Kandungan Nutrisi Berikut Saat ...

Sedang mencari susu hamil untuk melengkapi nutrisi Bunda dan janin? Simak dulu kandungan nutrisi...


Artikel Terpopuler

Hindari Makanan & Minuman ini ...

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Optimalkan Periode Emas

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut