Cara Cerdas Tumbuhkan Kreativitas Buah Hati

Cara Cerdas Tumbuhkan Kreativitas Buah Hati

Cara Cerdas Tumbuhkan Kreativitas Buah Hati

Kreativitas diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk terus menerus melakukan inovasi untuk memecahkan masalah. Ahli lain mengartikan kreativitas sebagai kemampuan menghasilkan solusi untuk masalah yang ruang masalahnya tidak jelas.

Menurut jurnal Intelligence, kreativitas memang berkaitan erat dengan kemampuan memecahkan masalah; dan memang sebaiknya ditanamkan sejak dini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kreativitas buah hati.

  1. Beri Stimulasi Sesuai Tahapan Usia

Cara mengasah kreativitas anak dapat dilakukan sesuai tahapan usianya. Sederhananya, stimulasi bayi 7 bulan akan berbeda dengan stimulasi anak usia 2 tahun. Stimulasi yang diberikan harus sesuai agar cocok untuk mendukung setiap tahapan perkembangan kecerdasan dan kreativitasnya. Contohnya adalah seperti memilih jenis permainan yang akan dimainkan anak. Memilih permainan yang sesuai usia akan memberikan hasil yang lebih relevan, terutama dalam hal peningkatan kecerdasan dan kreativitas buah hati.

  1. Jadilah Kreatif di Hadapan Anak

Cara menumbuhkan kreativitas buah hati yang kedua adalah memberikan contoh langsung. Jika ingin kreativitas buah hati meningkat, jadilah orang tua kreatif di hadapan buah hati. Buah hati justru belajar kreatif secara langsung dari orang tuanya. Tidak ada salahnya Bunda berpikir kreatif demi masa depan buah hati. Salah satu cara menjadi orang tua kreatif adalah memanfaatkan satu objek untuk beberapa kegunaan.

  1. Manfaatkan Cerita Fiksi

Film ataupun buku fiksi dapat mengasah kemampuan berimajinasi buah hati. Hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuannya berpikir kreatif. Bunda bisa mengajak buah hati menonton film atau membacakan cerita menarik. Ini dilakukan agar kemampuan berimajinasinya tumbuh maksimal. Jangan lupa pilih film atau buku yang sesuai tahapan usia buah hati ya, Bun.

  1. Menonton Acara Musik dan Tarian

Mendengarkan musik dan menari bisa menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan bersama buah hati. Namun, bukan sekadar menyenangkan saja, cara ini dapat membantu mengembangkan kreativitas anak. Meski buah hati belum memahami arti pertunjukan yang dilihatnya, paparan terhadap seni musik dan tari sejak dini dapat menumbuhkan jiwa kreatif.

  1. Berikan Kebebasan

Cara menumbuhkan kreativitas anak selanjutnya adalah dengan memberikan kebebasan. Ketika menghadapi sebuah masalah, alih-alih memberikan solusi secara langsung, Bunda dapat mendorong buah hati berpikir kreatif untuk menyelesaikan masalah masalah yang muncul.

Bunda juga bisa mencoba memberikan beberapa pilihan dan buah hati akan memilih sendiri solusi yang paling baik untuk masalah yang sedang dihadapinya. Cara ini juga bisa  melatih kemampuan pengambilan keputusan dan menyelesaikan masalah.

Tidak ada kata terlalu dini untuk mengasah kreativitas buah hati, Bun. Semakin cepat dilatih, akan semakin baik untuk kecerdasan dan kreativitasnya nanti. Mempelajari banyak hal sejak dini memang penting untuk dilakukan. Banyak hal yang lebih maksimal diserap otak buah hati ketika dipelajari sejak usia dini. Yuk, latih kreativitas buah hati sejak dini dengan cara-cara di atas.

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi 7 - 12 bulan

Mengolah Ikan untuk Menu Buah ...

Dalam mengolah resep ikan untuk anak, bukan saja harus jeli memilih jenis ikan yang baik, tetapi...

Nutrisi Penting dalam Ikan untuk ...

Ikan termasuk salah satu asupan hewani dengan kualitas baik, untuk mendukung pertumbuhan fisik,...

Resep MPASI: Bubur Biskuit Alpukat

Alpukat adalah pilihan makanan solid pertama yang ideal untuk buah hati. Teksturnya lembut dan...

Resep MPASI: Kaldu Gurih & Pisang

Pisang adalah salah satu buah favorit untuk resep MPASI karena praktis dan rasanya manis. Bubur...

Tips MPASI: Praktis Membuat Kaldu ...

Kaldu alias sari tulang, daging, atau sayuran yang direbus sangat esensial sebagai bahan dalam...

Inspirasi Menu MPASI dengan Bahan ...

Selain enak, manis, dan mudah didapatkan, pisang juga sangat baik untuk kesehatan buah hati. Tidak...

Artikel Terpopuler

Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Baca Selengkapnya >

Bun, Ini Penyebab Bayi ...

Baca Selengkapnya >

MPASI untuk Rangsang Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Resep MPASI: Bubur Beras ...

Baca Selengkapnya >

Tips Aktivitas untuk Mendukung ...

Baca Selengkapnya >