Facebook Pixel Code Cara Belajar Efektif Di Rumah, Bagaimana Caranya Ya?

Cara Belajar Efektif Di Rumah, Bagaimana Caranya Ya?

Cara Belajar Efektif Di Rumah, Bagaimana Caranya Ya?

Cara Belajar Efektif Di Rumah, Bagaimana Caranya Ya?

Pelajaran jarak jauh (PJJ) diberlakukan di Indonesia demi memutus penyebaran virus Covid-19. Tidak hanya anak yang perlu beradaptasi dengan situasi seperti ini, namun orang tua pun juga perlu bersinergi dengan para guru untuk bisa mempersiapkan anak belajar online di rumah dengan efektif. 

Tapi bagaimana caranya, ya Bun? Selain untuk selalu mendampingi Si Kecil, masih ada cara belajar efektif di rumah lain. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak informasinya berikut ini, yuk!

Buat Jadwal Harian Secara Rutin

Cara belajar efektif di rumah yang bisa dilakukan salah satunya dengan terbiasa membuat jadwal harian. Dengan adanya jadwal akan mempermudah menentukan prioritas dan fokus mengerjakan tugas. Bunda bisa berkolaborasi dengan anak menentukan jadwal harian yang akan dilakukan. Ajak anak berdiskusi menentukan jadwal hariannya.

Jadwal harian rutin juga membantu menerapkan manajemen waktu untuk menghindari penundaan mengerjakan sesuatu, mengurangi stres, dan belajar menggunakan waktu dengan efisien.

Diskusi dan Lakukan Modifikasi Ruang untuk Belajar

Salah satu tantangan saat belajar online di rumah adalah menentukan ruangan yang kondusif. Namun, dengan melakukan komunikasi dan modifikasi ruang untuk belajar bisa diciptakan.

Cobalah untuk berbicara pada anggota keluarga lain agar di jam-jam anak sedang belajar membantu menciptakan suasana yang lebih tenang. Bila Bunda memiliki anak yang aktif, bicarakan padanya dan juga Ayah atau anggota keluarga lain untuk bermain atau berkegiatan di ruangan lain.

Kemudian, bicarakan juga terkait ruangan dengan mereka. Jika di rumah ada ruangan yang bisa dipakai, sampaikan jika ruangan tersebut ingin dipakai untuk belajar online.

Bedakan Tempat Bermain dan Belajar

Agar membantu Si Kecil fokus saat sedang belajar online dan mengurangi adanya gangguan, sebaiknya Bunda juga menyiapkan area belajar khusus sebagai cara belajar efektif di rumah.6 Namun, tenang saja Bun, ruang belajar khusus tidak harus terpisah dengan rumah.7 Hal yang perlu diperhatikan, yakni pastikan tempat belajar tidak dilalui oleh banyak orang, sehingga suasana yang kondusif bisa tercipta. 

Ajak Bicara Si Kecil untuk Minta Pendapatnya

Di sesi akhir belajar, coba ajak bicara Si Kecil dengan menyampaikan kemajuan apa yang sudah ia lakukan saat proses belajar online berlangsung dan ajukan beberapa pertanyaan seperti apa yang dirasa selama proses belajar, apa saja kesulitannya, atau apa yang ingin dipelajari lagi, dan lain sebagainya.

Cari Bantuan saat Bunda Bingung

Jangan pernah merasa sendiri dan bingung dengan cara belajar efektif di rumah, ya, Bun! Pasalnya, semua orang tua juga sama-sama sedang beradaptasi dalam kondisi ini. Jadi, tidak ada salahnya jika Bunda sedang merasa bingung dan untuk mengatasinya coba bertanya pada keluarga atau teman yang mengalami hal serupa. 

Dengan bercerita, bisa membantu Bunda untuk menemukan solusi atau meringankan rasa cemas dan khawatir selama waktu ini. Bunda juga bisa bertanya pada guru Si Kecil tentang masalah apa pun yang sedang dialami oleh Si Kecil.

Tetap Penuhi Asupan Nutrisi & Istirahatnya

Terakhir, cara belajar efektif di rumah yang terakhir adalah dengan selalu menyajikan asupan nutrisi lengkap setiap harinya. Selain itu, berikan juga susu sebagai asupan tambahan tumbuh kembangnya.

SGM Eksplor 3 Plus PRO-GRESS MAXX dengan IronC  untuk Si Kecil usia 3-5 tahun pun bisa jadi pilihan. Ada berbagai kandungan utama dalamnya, yaitu zat besi dan vitamin C (IronC) yang bakal membantu penyerapan maksimal nutrisi penting lainnya seperti serat pangan, minyak ikan, omega 3 & 6, kalsium & vitamin D, zinc, protein serta nutrisi penting lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika susu SGM Eksplor 3 Plus Pro-gress Maxx dengan IronC mengandung zat besi. Pentingnya zat besi untuk anak, yaitu bantu dukung perkembangan kognitif Si Kecil, mendukung Si Kecil tumbuh aktif dan siap belajar, serta mendukung konsentrasi Si Kecil untuk bantu proses belajar yang optimal. 

Semua kandungan tersebut akan mendukung tumbuh kembang Si Kecil demi dan membantunya memiliki 5 Potensi Generasi Maju, yakni Berpikir Cepat, Tangguh, Percaya Diri, Tumbuh Tinggi, dan Aktif Bersosialisasi. 

Bukan hanya memperhatikan asupan nutrisinya, cara belajar efektif di rumah juga dipengaruhi oleh istirahat Si Kecil. Jadi, selalu biasakan anak untuk tidur malam dengan baik.

Untuk anak-anak yang lebih kecil, coba berikan waktu istirahat lebih sering dan gunakan ukuran waktu untuk menunjukkan pada Si Kecil kapan ia bisa beristirahat dan memulai belajar kembali. Jadi, selamat mencoba, ya Bunda!

Sumber:

  • 7 tips for studying from home with kids. (n.d.). Retrieved from https://www.jcu.edu.au/this-is-uni/people-and-societies/articles/7-tips-for-studying-from-home-with-kids

  • Study tips for students and parents. Retrieved from https://online.maryville.edu/blog/study-tips-students-parents/

  • COVID-19 and your health. Retrieved from https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/children/learning.html

  • Six steps to smarter studying. (n.d.). Retrieved from https://kidshealth.org/en/kids/studying.html

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 5 - 12 tahun

7 Rahasia Sukses Agar Anak Rajin ...

Untuk membuat Kecil jadi anak rajin belajar dan lebih berkonsentrasi, Bunda bisa melakukan 7 hal...

7 Cara Membuat Anak Percaya Diri ...

Bagaimana cara agar anak percaya diri dan berani? Yuk, pahami dulu informasi penting berikut ini!

Bunda, Cari Tahu Kebutuhan Gizi ...

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan AKG dan bagaimana cara memenuhinya? Simak artikel berikut ini!

7 Cara Mengajari Anak Membaca untuk ...

Kefasihan anak dalam membaca bantu tingkatkan kepercayaan dirinya lho, Bunda. Temukan cara tepat...

Manfaat Ajari Main Musik dan ...

Mengajarkan musik dan lagu pada anak usia TK bermanfaat bagi perkembangan berbagai keterampilan...

4 Nutrisi Untuk Bantu Perkembangan Otak ...

Sudah pasti Bunda ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas. Maka, Bunda perlu memberikan...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut