Facebook Pixel Code 5 Cara Belajar Efektif di Rumah Bagi Si Kecil

5 Cara Belajar Efektif di Rumah Bagi Si Kecil

5 Cara Belajar Efektif di Rumah Bagi Si Kecil

5 Cara Belajar Efektif di Rumah Bagi Si Kecil

Selama masa pandemi, anak sekolah terpaksa harus menjalani proses belajar mengajar secara online. Masalahnya, seperti yang ditunjukkan oleh sebuah studi yang dilakukan kepada para orang tua di Cina, cara pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19 memang sangat sulit bagi orang tua dan anak-anak.

Salah satu alasan yang disebutkan para orang tua adalah ketidakmampuan anak untuk mengikuti pelajaran secara online, sehingga proses belajar menjadi tidak efektif. Maklum, konsentrasi dan fokus anak-anak tentu tidak bisa disamakan dengan orang dewasa.

Mengikuti pelajaran dan menyerap informasi dari guru melalui layar komputer atau laptop tentu tidak mudah bagi si Kecil. Menurut jurnal The Concept of Attention Spans in Children yang diterbitkan oleh The University of Chicago Press, anak di bawah usia 6 tahun lebih suka bergerak aktif. Duduk diam dan berkonsentrasi pada suatu tugas terasa begitu berat dan membosankan bagi mereka. Rentang perhatian anak usia ini biasanya hanya sekitar 15 menit saja. Jadi bagaimana cara belajar efektif di rumah yang membantu si Kecil untuk melakukan proses belajar secara online?

Siapkan Area Belajar Khusus

Si Kecil tentu tidak bisa belajar bila perhatiannya mudah teralihkan oleh mainan atau acara TV, bukan? Karena itu, untuk menjaga konsentrasi dan fokus selama bersekolah secara online, si Kecil membutuhkan tempat belajar khusus yang nyaman dan tidak berisik.

Siapkan tempat duduk dan meja yang nyaman untuk membantu si Kecil menjaga cara duduk yang benar untuk menjaga postur tubuh dan kesehatannya. Selain itu, untuk mendukung cara belajar efektif di rumah, si Kecil tentu membutuhkan pengawasan dari Bunda atau orang dewasa lainnya.

Jadi, area belajar si Kecil sebaiknya berada di tempat yang mudah diawasi oleh Bunda atau orang dewasa lainnya. Jangan lupa, usahakan pula agar area belajar si Kecil memiliki sinyal internet yang cukup kuat, sehingga proses belajar online bisa berjalan dengan lancar.

Atur Rutinitas Bersama si Kecil

Rutinitas sehari-hari memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, sekaligus membantu menjaga konsentrasi. Rutinitas harian juga merupakan bagian penting dalam cara untuk belajar efektif di rumah, karena hal ini membantu si Kecil membedakan antara waktu belajar dengan waktu untuk melakukan aktivitas lain di rumah, seperti waktu makan, waktu bermain, dll.

Rutinitas yang bisa Bunda siapkan untuk si Kecil diantaranya bersama-sama mempersiapkan buku dan perangkat lain yang dia butuhkan untuk belajar, memberi waktu beristirahat untuk si Kecil sesuai dengan jadwal dari sekolah, dll. Bunda juga bisa mengajak si Kecil untuk menentukan rutinitasnya sehari-hari, sehingga dia merasa memiliki kendali atas hidupnya dan lebih bersemangat menjalani harinya.

Jaga Komunikasi dengan si Kecil

Bagi si Kecil, perhatian dari orang tua sangat membantu menjaga semangatnya untuk terus mengikuti pelajaran. Jadi, bila memungkinkan, dampingi si Kecil saat dia mengikuti proses belajar mengajar. Menurut studi oleh Mark Stevens dan Jered Borup dari George Mason University, keterlibatan orang tua memiliki potensi untuk mengatasi kekhawatiran yang umum terjadi pada proses pembelajaran online.

Tentu saja, tidak semua orang tua bisa mendampingi si Kecil sepanjang hari, terutama bila kedua orang tua bekerja. Tapi setidaknya Bunda bisa bertanya pada si Kecil mengenai pengalamannya belajar setiap hari.

Pertanyaan sederhana seperti “Hari ini kamu belajar apa?” atau pertanyaan serupa yang mendorong si Kecil bercerita tentang proses belajarnya akan membuat dia lebih bersemangat mengikuti kelas online-nya setiap hari.

Minta juga si Kecil untuk bercerita tentang hambatan yang ia hadapi saat belajar, agar Bunda bisa membantu si Kecil mencari cara supaya belajar efektif di rumah sesuai dengan kebutuhan si Kecil.

Atur Ekspektasi Sesuai Kemampuan si Kecil

Dilansir dari Victorian Early Years Learning and Development Framework dari Melbourne Graduate School of Education, tiap anak memiliki kemampuan untuk belajar dan berkembang masing-masing. Memberikan ekspektasi yang tinggi sangat penting untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, tapi tentunya anak-anak membutuhkan dukungan tambahan dan pengalaman serta kesempatan belajar yang berbeda untuk membantu perkembangan dan proses belajar mereka. Bunda tentu lebih memahami karakter si Kecil, sehingga Bunda bisa menentukan ekspektasi sesuai kemampuan si Kecil dalam menerima pelajaran secara online.

Beri bantuan pula pada si Kecil sesuai dengan cara belajar yang efektif untuk si Kecil. Bila si Kecil lebih mudah memahami pelajaran secara visual, maka Bunda bisa membantu memberikan penjelasan materi pelajaran melalui gambar, video, atau praktik langsung di kehidupan sehari-hari.

Beri Waktu Istirahat untuk si Kecil

Dilansir dari healthychildren.org, penggunaan layar gadget seperti laptop, handphone, atau tablet yang terlalu lama bisa menyebabkan masalah pada mata seperti mata lelah, mata kering, hingga pandangan buram. Jadi, beri waktu istirahat pada si Kecil yang jauh dari gadget dan komputer. Ajak dia bermain atau melakukan aktivitas lain yang dia suka, tentunya tanpa melibatkan gadget dan komputer. Cara ini juga membantu mengurangi screen time si Kecil.

Masa pandemi ini memang membawa berbagai tantangan dalam berbagai aspek kehidupan. Bagi si Kecil, perubahan besar yang terjadi tentu berpengaruh bagi efektivitas belajarnya. Tapi strategi yang tepat dan komunikasi antara orang tua, anak, dan guru tentu akan membantu si Kecil agar efektif belajar secara online. Yuk bantu si Kecil mencari cara belajar efektif di rumah pada masa pandemi ini.

 

Referensi:

8 Tips to Help Your Child Focus and Stay Engaged During Distance Learning | JHU School of Education. (2021). Retrieved 20 January 2021, from https://education.jhu.edu/2020/04/8tipsforfocus/

Moyer, K., & B. von Haller Gilmer. (1954). The Concept of Attention Spans in Children. The Elementary School Journal, 54(8), 464-466. Retrieved February 3, 2021, from http://www.jstor.org/stable/998982

Saffigna, M., Church, A., & Tayler, C. (2021). Victorian Early Years Learning and Development Framework. Retrieved 3 February 2021, from https://www.education.vic.gov.au/Documents/childhood/providers/edcare/highexpect.pdf

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children And Youth Services Review, 118, 105440. doi: 10.1016/j.childyouth.2020.105440

Support your child's learning | Coronavirus Victoria. (2021). Retrieved 20 January 2021, from https://www.coronavirus.vic.gov.au/support-your-childs-learning

Give Your Child's Eyes a Screen-Time Break: Here's Why. (2021). Retrieved 3 February 2021, from https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/eyes/Pages/What-Too-Much-Screen-Time-Does-to-Your-Childs-Eyes.aspx

Stevens, M., & Borup, J. (2015). Parental Engagement in Online Learning Environments: A Review of the Literature. Advances In Research On Teaching, 99-119. doi: 10.1108/s1479-368720150000027005


 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 5 - 12 tahun

Pastikan 4 Nutrisi ini Terpenuhi Untuk ...

Sudah pasti Bunda ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas. Maka, Bunda perlu memberikan...

7 Cara Ampuh Mengajari Anak Membaca ...

Membaca adalah kemampuan yang harus ditumbuhkan. 7 Cara ampuh mengajari anak membaca ini penting...

Cara Belajar Efektif Agar Tidak ...

Yuk lakukan tips ini sebagai cara membimbing anak agar proses belajar tetap efektif sekaligus...

Fase Perkembangan Psikologi Anak Usia ...

Tahap perkembangan psikologi anak usia sekolah, dari usia 6 hingga 12 tahun, dapat Bunda baca di...

Tips Mudah Atur Pola Makan ...

Di masa pandemik Covid-19 seperti saat ini, penting sekali memerhatikan pola makan sehat pada...

Tips Mendapatkan Sumber Vitamin D ...

Vitamin D merupakan vitamin yang berperan penting bagi kesehatan & tumbuh kembang si Kecil.


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan