Bunda Wajib Tahu, Pergerakan Janin di Trimester Kedua Kehamilan

Bunda Wajib Tahu, Pergerakan Janin di Trimester Kedua Kehamilan

Bunda Wajib Tahu, Pergerakan Janin di Trimester Kedua Kehamilan

Merasakan gerakan janin di dalam perut memberi perasaan mendebarkan bagi orang tua. Yuk, cari tahu kapan bayi mulai bergerak dan berinteraksi dengan Bunda dari dalam kandungan.

Skema Pergerakan Janin

Bayi akan mengalami fase-fase pergerakan dimulai dari awal trimester kedua.

  • Minggu ke-12: pada minggu ke-12 sampai 13 biasanya bayi sudah mulai bergerak. Namun, gerakan janin 4 bulan belum begitu terasa karena ukuran bayi masih sangat kecil. Gerakan yang dibuat pun masih sangat lemah.

  • Minggu ke-16: pergerakan bayi sudah mulai menguat. Bunda akan mulai merasakan sensasi geli di perut. Hal ini karena gerakan janin sudah mulai sering meski masih lemah. Kadang Bunda akan sulit membedakan apakah yang dirasakan adalah gerakan dari bayi atau masuk angin.

  • Minggu ke-20: pada minggu ke-20 bayi akan mulai menambah tenaga saat bergerak. Namun, Bunda hanya akan merasakan tendangan-tendangan kecil yang samar. Penambahan tenaga ini muncul bersamaan dengan semakin membesarnya ukuran bayi di perut Bunda.

  • Minggu ke-24: pada minggu ke-24 biasanya gerakan janin sudah mulai stabil. Bunda akan mulai sering merasakan tendangan dari dalam perut. Selain itu, Bunda dapat ikut merasakan saat bayi sedang cegukan.

Buah Hati Tidak Bergerak

Bunda akan sangat cemas apabila tak kunjung merasakan pergerakan bayi saat trimester kedua kehamilan hampir berakhir. Namun, Bunda tidak perlu khawatir sebab itu bukan pertanda buruk. Beberapa bayi memang bergerak lebih lambat atau menendang lebih pelan. Begitu pelannya sampai-sampai tidak terasa oleh Bunda.

Bunda bisa menunggu hingga minggu ke-32, ketika pergerakan bayi mulai terasa karena ukuran fisiknya yang semakin besar. Bunda patut mencermati pergerakan bayi yang dirasakan setelahnya.

Hal yang perlu diperhatikan serius adalah ketika pergerakan sudah stabil, kemudian melambat dan semakin hilang. Kalau ini terjadi, Bunda sebaiknya segera menghubungi dokter. Selain itu dalam kondisi normal, Bunda semestinya merasakan 10 tendangan dalam dua jam. Jika kurang dari itu, Bunda harus segera menghubungi dokter untuk memeriksakan kondisi buah hati.

Memahami Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu atau Braxton Hicks akan mulai terjadi ketika kandungan mulai memasuki usia minggu ke-24. Kontraksi palsu terjadi tanpa rasa sakit. Saat kontraksi palsu terjadi, Bunda akan merasa ada tekanan di dekat bagian atas rahim atau perut bagian bawah dan pangkal paha.

Kontraksi palsu ini terjadi pada trimester kedua kehamilan. Biasanya muncul karena secara alamiah rahim Bunda mulai berlatih untuk persalinan. Namun, Bunda tidak perlu khawatir. Perbedaan antara kontraksi palsu dengan kontraksi sebenarnya terletak pada intensitasnya.

Selain itu, kontraksi palsu tidak akan membuat leher rahim Bunda terbuka. Bunda dapat menghubungi dokter bila bingung membedakan jenis kontraksi yang sedang terjadi. Jika kontraksi yang terjadi menimbulkan kejang lebih dari enam kali dalam waktu satu jam, Bunda harus secepatnya menemui dokter untuk mendapatkan penanganan.

Menyikapi Pergerakan Buah Hati

Saat usia kandungan memasuki minggu ke-24, Bunda sebaiknya segera melakukan beberapa tes berikut ini.

·        Periksa denyut jantung bayi

·        Mengecek posisi bayi di dalam rahim

·        Periksa varises di kaki

·        Menghitung ulang tanggal prediksi kelahiran bayi

·        Periksa urin untuk mengukur kadar glukosa dan protein

·        Mengukur tekanan darah dan berat badan

Selain itu, Bunda harus mulai rutin berkonsultasi dengan dokter. Laporkan perkembangan bayi meski hanya sedikit. Bunda juga sebaiknya mulai mencatat segala bentuk aktivitas bayi, supaya bila terjadi sesuatu dapat ditangani lebih cepat.

Jadi, apakah Bunda sudah mulai merasakan pergerakan buah hati? Pastikan Bunda membagi kebahagian dan informasi mengenai pergerakan bayi pada trimester kedua kehamilan dengan suami dan orang terdekat ya.

 

Social Media Captions:

Facebook: Bunda pasti menunggu tendangan pertama bayi di dalam perut, bukan? Kapan sih biasanya itu terjadi? Bunda tahu, bayi akan mengalami fase-fase pergerakan dimulai dari awal trimester kedua.

Twitter: Tahukah Bunda bahwa bayi akan mulai bergerak pada trimester kedua kehamilan? Seperti apa sih rasanya?

Instagram: Merasakan pergerakan buah hati di dalam perut tentu menjadi salah satu hal yang mendebarkan bagi orang tua. Yuk, cari tahu kapan bayi mulai bergerak dan berinteraksi dengan Bunda dari dalam kandungan.

 

References:

americanpregnancy.org/while-pregnant/first-fetal-movement/

healthywomen.org/content/article/16-weeks-pregnant-symptoms-and-signs

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Trimester 2

Bunda Butuh Vitamin Ini untuk ...

Vitamin menjadi salah satu nutrisi esensial untuk menjaga kinerja fungsi tubuh selama masa...

5 Jenis Makanan untuk Optimalkan Pertumbuhan ...

Asupan nutrisi tepat yang diberikan selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin secara...

Jenis Olahraga dan Manfaatnya bagi ...

Masa kehamilan sepatutnya tidak menghalangi Bunda untuk melakukan olahraga. Bila trimester pertama...

Stimulasi Janin dalam Kandungan dengan ...

Melakukan olahraga ibu hamil adalah salah satu hal terbaik yang bisa Bunda lakukan untuk kesehatan...

Perkembangan Janin pada Trimester Kedua ...

Saat masa-masa awal kehamilan, mungkin Bunda masih sulit percaya dengan adanya janin yang bernyawa...

Bunda, Kurangi Aktivitas Ini saat ...

Trimester kedua kehamilan kerap disebut “Golden Trimester”. Hal ini karena morning sickness...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >