Facebook Pixel Code Beragam Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Beragam Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Beragam Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Beragam Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Minum susu dapat lengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Untuk anak-anak, minum susu secara rutin memberikan manfaat untuk proses tumbuh kembangnya. Nah ternyata, waktu minum susu juga memengaruhi manfaatnya terhadap kesehatan si kecil lho, seperti minum susu sebelum tidur. 

Berbagai manfaat minum susu sebelum tidur

Kandungan nutrisi pada susu memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan anak. Jenis susu yang umum untuk dikonsumsi anak-anak dalam usia pertumbuhan adalah susu sapi karena mengandung vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam kesehatan tulang.

Selain memperoleh manfaat dasar dari susu, minum susu sebelum tidur membuat si kecil memperoleh manfaat seperti:

1. Membuat si kecil tidur lebih nyenyak

Salah satu manfaat minum susu yang banyak dipercaya sebelum tidur adalah membuatnya terlelap lebih cepat dan nyenyak. Memang belum ada penelitian klinis yang membuktikan anggapan ini, tapi susu memiliki kandungan yang dapat memengaruhi hormon yang memberikan rasa rileks dan nyaman sehingga membantu anak lebih cepat tidur.

Menurut Sleep Advisor, susu mengandung sebagian kecil triptofan yaitu jenis asam amino yang diperoleh tubuh dari konsumsi makanan atau minuman seperti susu, ayam, daging, pisang, dan keju.

Asam amino ini memengaruhi kerja hormon serotonin yang memberikan rasa tenang pada tubuh. Tak hanya itu, triptofan juga merangsang produksi hormon melatonin, yang berfungsi untuk menimbulkan rasa kantuk.

Akan tetapi, menurut ahli yang mendalami masalah kebiasaan tidur, Drew Dawson, apabila minum susu sebelum tidur, terutama susu hangat, diterapkan secara rutin setiap malam dapat memengaruhi kondisi psikologis. Otak akan lebih cepat mempersiapkan diri untuk beristirahat sehingga membuat tubuh lebih rileks. Alhasil, anak pun bisa tidur dengan kualitas tidur yang baik.

2. Merangsang pertumbuhan anak

Susu adalah minuman yang kaya akan vitamin dan mineral. Pada anak-anak, kandungan nutrisi ini dapat menstimulasi pertumbuhannya. Dalam susu sapi terkandung kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi serta baik untuk sistem saraf dan gerak tubuh.

Selain itu, susu juga mengandung vitamin D yang mana juga nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi sekaligus bermanfaat untuk kesehatan kulit. Saat tidur, tubuh berada dalam keadaan rileks sehingga mempercepat proses penyerapan kandungan nutrisi-nutrisi ini.

Vitamin D juga dapat mendukung daya tahan tubuh.

3. Membantu penyerapan nutrisi

Selain membantu penyerapan mineral dan vitamin, manfaat minum susu sebelum tidur yang lain adalah membantu proses pencernaan protein.

Segelas susu mengandung protein yang tinggi sehingga tubuh memerlukan waktu lebih untuk mencerna nutrisi ini sepenuhnya. Waktu selama tidur cukup untuk tubuh mencerna protein dalam susu secara maksimal.

Dengan begitu, protein yang berhasil terserap ke dalam tubuh dapat menjadi sumber energi yang disimpan untuk kebutuhan esok hari. Anak pun menjadi lebih bersemangat dan berenergi menjalani aktivitas.

4. Menjaga kesehatan jantung

Susu juga bermanfaat bagi kesehatan organ jantung. Susu mengandung nutrisi penting seperti kalium yang dapat membantu melancarkan aliran pembuluh darah. 

Dengan lancarnya aliran darah, si kecil dapat terhindar dari risiko tekanan darah tinggi. Akan tetapi, untuk memperoleh manfaat minum susu sebelum tidur ini anak juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang.

Konsumsi susu sebelum tidur dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan anak. Namun, Bunda sebaiknya konsumsi susu secara rutin juga dibarengi dengan asupan makanan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak setiap harinya.

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...

Rekomendasi Asupan Gizi & Nutrisi Seimbang ...

Dalam pemberian nutrisi, Ibu bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam memberikan...

Tips Agar Si Kecil Berprestasi ...

Ibu pasti ingin si Kecil memiliki bakat, kan? Yuk, cari tahu apa yang menjadi minat dan bakat si...

Cara Tepat Membaca Grafik Pertumbuhan ...

Kuasai kemampuan membaca grafik pertumbuhan untuk memantau tumbuh kembang optimal si Kecil di...

4 Hal yang Membuat Anak Jadi ...

Perilaku susah makan pada anak usia 1 tahun ke atas bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Ketahui...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan