Facebook Pixel Code Cara Belajar Agar Tetap Efektif Tidak Mudah Bosan di Rumah

Cara Belajar Efektif Agar Tidak Mudah Bosan di Rumah

Cara Belajar Efektif Agar Tidak Mudah Bosan di Rumah

Cara Belajar Efektif Agar Tidak Mudah Bosan di Rumah

Kondisi pandemi yang belum menunjukkan akan membaik dalam waktu dekat mengharuskan semua orang menghabiskan waktu di rumah. Salah satu yang terkena dampaknya adalah sekolah. Kegiatan belajar harus dilakukan di rumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Namun, kegiatan belajar ini berbeda dengan biasanya dan orang tua perlu mencari cara agar anak tetap belajar dengan rajin, efektif, dan tidak membosankan di rumah. 

Dilansir dari UNICEF, berikut tips yang diharapkan bisa membantu Ibu dalam membimbing si kecil agar tetap semangat belajar di rumah.

Merencanakan jadwal belajar bersama

Coba lah untuk menetapkan rutinitas yang sesuai dengan usia si kecil dalam hal belajar. Selain melalui kelas yang dilakukan secara daring, tingkatkan aktivitas bermain dan membaca. Membaca bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus melatih kemampuan membaca anak.

Manfaatkan kegiatan sehari-hari sebagai kesempatan untuk belajar di rumah. Ibu bisa merencanakan kegiatan bersama dengan si kecil agar ia lebih tau apa yang akan dilakukan dan semangat untuk melakukannya.

Di sisi lain, dengan terbatasnya waktu dan area bermain di luar ruang karena situasi sekarang ini, wajar bila si kecil merasa bosan. Cara paling mudah untuk melepas kebosanan adalah dengan mengajaknya ikut melakukan tugas rumah yang tetap sesuai kemampuannya. 

Hal ini tentunya tetap merupakan bagian dari kegiatan belajar yang dapat menstimulasi fungsi otak dan motorik (fisik) mereka. 

Menyisihkan waktu untuk berbincang dan terbuka antara satu sama lain

Salah satu tugas orang tua adalah untuk mendorong anak agar mau terbuka dalam mencurahkan apa yang dirasakan, terutama di tengah kondisi yang rentan menimbulkan stres ini. 

Perlu diingat bahwa anak-anak memiliki cara yang berbeda-beda dalam menunjukkan rasa stres. Agar belajar tetap efektif selama di rumah, ajak si kecil untuk berbincang mengenai hal yang ia keluhkan. Dengan begini, Ibu dan si kecil dapat mencari solusi terbaik bersama-sama.

Selagi membahas keluhan yang ia rasakan, Ibu tetap perlu memberikan pengetahuan mengenai betapa pentingnya melakukan protokol kesehatan meski banyak menghabiskan waktu di rumah.

Mengawasi dan melindungi si kecil dari internet

Sebagian besar aktivitas belajar mengajar dialihkan ke media online. Meski dengan tujuan belajar di rumah, mudahnya mengakses berbagai hal dari internet tetap harus menjadi perhatian orang tua.

Ibu perlu membantu si kecil untuk memahami penggunaan internet yang baik agar yang didapat adalah sisi positif, bukan sebaliknya. Buat aturan secara bersama mengenai penggunaan gadget dan internet, entah itu ketika waktu belajar atau demi kebutuhan hiburan.

Orang tua dianjurkan untuk membatasi penggunaan internet terutama bagi anak di bawah umur. Si kecil dapat rentan mengalami bahaya dari internet misalnya bullying, konten dewasa, hingga tersebarnya privasi.

Penggunaan internet dapat menjadi hal yang menyenangkan apabila digunakan sebagai mestinya dan sesuai usia. Oleh karena itu, selalu awasi si kecil setiap kali menggunakan internet termasuk saat belajar daring.

Tetap berkomunikasi dengan pihak sekolah

Bukan hanya si kecil saja yang perlu terus berhubungan dengan pengajar atau guru, orang tua pun tetap perlu melakukannya. Selain untuk mendapat informasi seputar performa anak dalam belajar, Ibu juga dapat meminta arahan dalam membimbing anak untuk belajar di luar sekolah.

Anda bisa menjadwalkan waktu untuk melakukan komunikasi terpisah di luar kegiatan belajar dengan sang guru bersama orang tua lain. Pada kesempatan ini Ibu bisa menyampaikan berbagai kendala atau tantangan yang dihadapi selama kegiatan belajar mengajar agar tetap efektif selama di rumah.

Selama menghadapi kondisi pandemi ini, orang tua perlu mendorong anak untuk tetap mau dan bersemangat untuk belajar. Untuk itu, beberapa cara membimbing anak tetap efektif belajar di rumah di atas perlu diterapkan. Tumbuh kembang anak sekarang ini sangat bergantung pada Anda sebagai orang tua sekaligus pembimbing.

 

Referensi:

UNICEF. (2020, August). 5 ways to help keep children learning during the COVID-19 pandemic.

Retrieved September 17, 2020, from

https://www.unicef.org/coronavirus/5-tips-help-keep-children-learning-during-covid-19-pandemic

Smith, S. (2020, March). Distance Learning: 8 Tips to Help Your Child Learn at Home.

Retrieved September 17, 2020, from

https://www.understood.org/en/school-learning/learning-at-home/homework-study-skills/online-learning-how-to-prepare-child

Singapore International School. (2020, April 29).

10 Home Activities that Make Learning Fun! Retrieved September 17, 2020,

from https://sisschools.org/blog/2020/04/10-home-activities-that-make-learning-fun/

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 5 - 12 tahun

Perbedaan Alergi Susu dan Intoleransi ...

Walaupun keduanya sama-sama harus menghindarkan produk susu sapi, alergi susu sapi dan intoleransi...

Fase Perkembangan Psikologi Anak Usia ...

Tahap perkembangan psikologi anak usia sekolah, dari usia 6 hingga 12 tahun, dapat Bunda baca di...

Tips Mudah Atur Pola Makan ...

Di masa pandemik Covid-19 seperti saat ini, penting sekali memerhatikan pola makan sehat pada...

Tips Mendapatkan Sumber Vitamin D ...

Vitamin D merupakan vitamin yang berperan penting bagi kesehatan & tumbuh kembang si Kecil.

Ajak Si Kecil Aktif Bermain ...

Selama pandemi COVID-19, ajak Si Kecil untuk tetap aktif di rumah dengan melakukan permainan anak...

Menangani Gangguan Pencernaan pada Anak

Gangguan pencernaan bisa sangat berdampak pada keseharian buah hati. Tangani dengan tepat sesuai...


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut