Facebook Pixel Code Agar Bulan Ramadhan Produktif, Ini Tips Membangunkan Sahur yang Ampuh

Agar Bulan Ramadhan Produktif, Ini Tips Membangunkan Sahur yang Ampuh

Bangunkan Seluruh Anggota Keluarga dengan Tips Berikut Ini!

Bangunkan Seluruh Anggota Keluarga dengan Tips Berikut Ini!

Bangunkan Seluruh Anggota Keluarga dengan Tips Berikut Ini!

Ramadhan produktif tidak akan bisa berjalan tanpa sahur. Hal ini disebabkan oleh manfaat sahur yang beragam bagi tubuh, mulai dari menjaga kadar gula tetap stabil, memberi energi bagi tubuh di siang hari, hingga menunda rasa lapar sepanjang hari.

Belum lagi jika Ibu dan keluarga mengonsumsi makanan yang sehat dengan berbagai kandungan nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi dengan normal. Selain urusan makanan, hal terpenting dari sahur adalah bangun untuk makan dan minum.

Pada satu hadis disebutkan bahwa di dalam sahur itu ada keberkahan. Makanya, bangun sahur sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin berpuasa. Pertanyaannya, bagaimana cara agar bangun sahur tidak terasa berat sehingga Ibu dan anggota keluarga lainnya bisa bangun?

Biasanya, tugas membangunkan sahur dilakukan oleh alarm lalu orang yang pertama bangun di rumah. Cara lainnya, Ibu dan keluarga juga bisa membuat kesepakatan mengadakan ‘piket’ yang bangun pertama setiap harinya untuk membangunkan dan bahkan mempersiapkan makanan. Dengan demikian, masing-masing memiliki tanggung jawab saat sahur.

Agar lebih jelas, berikut tips ampuh yang bisa dilakukan untuk membangunkan sahur seluruh anggota keluarga:

  1. Janjikan Makanan
    Kesukaan Tips pertama yang bisa Ibu coba untuk membangunkan anak dan anggota keluarga lainnya adalah dengan menjanjikan makanan kesukaannya di jam sahur. Sebagai contoh, jika anak suka soto ayam dengan koya dan jeruk nipis, maka sampaikan padanya bahwa menu ini akan disajikan hanya saat jam sahur tiba. Jadi, dia sudah punya alasan kuat untuk ikut sahur. Dengan begitu, Ibu tidak akan kesulitan membangunkannya.
  2. Taruh alarm yang jauh dari kasur
    Alarm memang resep ampuh untuk membangunkan tidur. Namun jika menaruh alarm terlalu dekat saat tidur, akan sangat mudah mematikannya dan lanjut tidur selama beberapa menit.
    Tidak jarang tidur “tanggung” itu berujung pada telat sahur. Oleh sebab itu, ada baiknya kalau Ibu dan keluarga sepakat untuk menyimpan alarm yang jauh dari tempat tidur. Sehingga untuk mematikannya harus beranjak dari kasur dan keterpaksaan itu yang membuat Ibu bisa langsung beraktivitas sahur.
    Jika ada yang bangun terlebih dahulu, tugas membangunkan anggota keluarga yang lain bisa dipermudah hanya dengan menggeser HP atau jam beker ke tempat yang agak jauh. Sehingga secara otomatis mereka harus bangun dan mematikannya sendiri.
  3. Manfaatkan lingkungan sekitar
    Beberapa rumah yang dekat musala atau masjid biasanya mendapatkan ‘kemewahan’ dengan cara dibangunkan oleh suara toa masjid. Selain itu, di tempat-tempat tertentu, tidak jarang ada sekumpulan warga yang berkeliling dengan pentungan, membangunkan warga setempat untuk bersiap-siap makan sahur.
  4. Bangunkan dengan lembut
    Membangunkan seseorang di jam yang tidak biasa, terutama di awal puasa memang menantang. Apalagi bagi anak-anak yang baru belajar berpuasa. Ngambek atau cranky merupakan hal yang lazim terjadi. Untuk itu, kelembutan bisa menjadi kunci untuk meredam rasa sebal saat dibangunkan. Cukup ditepuk dan dipanggil namanya tanpa harus teriak apalagi marah-marah.
    Ingatkan juga mengenai pentingnya makan sahur agar aktivitas di siang harinya menjadi lebih ringan sebagai motivasi.
  5. Sampaikan Konsekuensinya
    Tips membangunkan sahur selanjutnya adalah dengan menyampaikan konsekuensi dibangunkan. Konsekuensi tersebut bisa membasahi wajah anggota keluarga dengan air.
    Tapi, sebelum hal ini terjadi, pastikan Ibu sudah membangunkannya secara baik-baik dan mereka sudah mengerti akibat jika tidak bangun setelah dibangunkan dengan lembut. Sebab pada akhirnya, salah satu tujuan sahur adalah dengan melalui ramadhan produktif.
  6. Lakukan dalam beberapa tahap
    Dari kamar pindah ke ruang keluarga lalu ke ruang makan. Pemandangan itu sering terlihat di waktu sahur. Untuk itu, proses membangunkan sahur bisa dilakukan dalam beberapa tahap. Mulai dari membangunkan dari kasur untuk pindah ke sofa di ruang keluarga.
    Nyalakan TV agar sayup-sayup terdengar acara sahur favorit di TV, hingga ketika makanan sudah siap, semua bisa bangun dan menyantap sahur bersama.
  7. Bangunkan dengan aroma makanan
    Bagi Ibu atau anggota keluarga lain yang sedang mempersiapkan santapan sahur, makanan sahur bisa menjadi cara membangunkan yang ampuh. Buka pintu kamar atau jika sudah pindah tidur ke ruang keluarga, hangatkan makanan dan biarkan aroma nikmatnya makanan sahur membangunkan mereka. Seperti aromaterapi yang bisa membuat tubuh tenang lalu tertidur, aroma makanan pun demikian. Aroma yang kuat dan familiar dapat membangunkan seseorang.
    Menyediakan santapan yang disukai keluarga akan membuat Ibu dan keluarga menantikan waktu sahur. Jika anak atau anggota keluarga Hal ini biasanya akan memudahkan ketika bangun sahur mengingat adanya hidangan lezat favorit sedang menanti di atas meja makan.

Baik makanan atau minuman, yang terpenting di bulan puasa adalah nutrisi yang seimbang agar Ibu, anak, dan keluarga dapat sehat dan kuat berpuasa untuk menjalani ramadhan produktif. Untuk itu, bukan hanya santapan kegemaran, tapi juga perhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lengkapi hidangan saat sahur, buka puasa, atau sebelum tidur dengan segelas SGM Family Yummi-Nutri.

Pastikan juga agar Ibu, anak dan keluarga selalu mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dari makanan dan juga susu. SGM Family Yummy-Nutri dengan Pro-gress Maxx merupakan susu yang cocok dikonsumsi seluruh keluarga.

Selain rasanya yang yummy, SGM Family Yummi-Nutri juga mengandung nutrisi penting seperti DHA, Vitamin C, Zat Besi, Vitamin A, B1, B3, B5, B6, B9, dan E, serta Protein, Kalsium, Zink, dan lainnya.

SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx tersedia dalam varian rasa Creamy Chocolate dan Creamy Vanilla yang disukai oleh seluruh keluarga. Bisa diminum hangat maupun dingin sesuai selera tiap anggota keluarga, bahkan untuk membuat berbagai minuman dan makanan seru untuk buka puasa.

Berbeda beda cara menikmatinya, tetap sama nikmatnya. Yummy dan bernutrisi dengan harga hanya Rp 3000-an segelas. Selamat mencoba dan selamat berpuasa, ya, Ibu sekeluarga!

Temukan inspirasi resep ramadhan keluarga maju disini

Sumber:

  • https://egyptindependent.com/tips-for-muslims-to-wake-up-at-pre-dawn-time-having-suhoor-meal/
  • https://www.healthnutritionist.co.uk/post/healthy-iftar-and-suhoor-meals-this-ramadan
  • https://www.sciencefocus.com/the-human-body/can-a-smell-wake-you-up/

Artikel Lainnya:

  1. Tips Mengajarkan Anak Berpuasa di Bulan Ramadan
  2. Bingung Meal Prep Menu Sahur Sehat? Yuk, ibu Cek di Sini!
  3. Coba Kegiatan Positif di Bulan Puasa Ini Agar Tubuh Lebih Segar
  4. Agar Puasa Tidak Lemas dan Pusing, Cek 5 Hal Ini!
  5. Menunggu Waktu Imsak? Yuk, Coba 5 Kegiatan Seru di Bulan Ramadhan Ini
  6. Tetap Seru! Ini Tips Ngabuburit di Rumah Bersama Keluarga
  7. Tips Keluarga Tetap Produktif Saat Puasa Meski di Rumah Saja
  8. Inspirasi Takjil Sehat untuk Buka Puasa yang Bisa Dibuat Bersama
  9. Inspirasi Minuman Takjil Buka Puasa yang Cocok Dijadikan Hantaran

Artikel Lainnya di Tahapan Keluarga

Hanya 5 Menit! Ini Resep Menu ...

Tidak hanya lezat, hidangan sahur juga wajib kaya nutrisi. Untuk itu, berikut inspirasi menu sahur...

Ide Ucapan Bulan Suci Ramadhan ...

Selain ibadah puasa, Ramadhan juga dapat jadi momen memperkuat silaturahmi sesama Muslim. Untuk...

Tetap Khusyuk, Ini Tips Menjalani ...

Salat tarawih sejatinya bisa dilakukan di mana saja. Jika ingin tarawih bersama keluarga di rumah,...

Agar Aman, Ini Tips Open ...

Menghadiri atau menggelar open house adalah momen bersilaturahmi yang dinanti saat Lebaran. Nah,...

Tidak Bisa Pulang Kampung, Intip ...

Tidak pulang kampung bukan berarti tidak merayakan lebaran dengan sanak saudara. Teknologi...

Tips Lebaran di Rumah Aja: ...

Lebaran di rumah aja bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto keluarga yang asyik. Banyak kok...


Artikel Terpopuler

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa ...

Baca Selengkapnya >

Ajak Si Kecil Aktif ...

Baca Selengkapnya >

Bangunkan Seluruh Anggota Keluarga ...

Baca Selengkapnya >

Tips Memilih Takjil yang ...

Baca Selengkapnya >

Ternyata, Membagi Pekerjaan Rumah ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut