Facebook Pixel Code Bakwan

Bakwan

Bakwan
Bakwan
Icon Food Child
Icon Duration 20m

Bakwan

Bahan-bahan :

Tepung terigu 3 ¼ gelas

Wortel ¼ kg

Kol (kubis) ½ ons

Daun bawang 2 batang

Gula secukupnya

Garam secukupnya

 

Cara membuat :

  1. Iris wortel berbentuk korek api, sisihkan
  2. Iris tipis kol dan daun bawang, sisihkan
  3. Tuang tepung terigu ke dalam sebuah wadah besar
  4. Masukkan wortel, kol (kubis) dan daun bawang yang sudah diiris
  5. Tambahkan sedikit air sampai membentuk adonan
  6. Beri sedikit garam dan gula
  7. Panaskan minyak di wajan
  8. Goreng adonan dalam minyak panas hingga kecoklatan
  9. Bakwan siap untuk disajikan

Resep masakan sederhana sehari-hari ini dapat Bunda sajikan sebagai camilan atau snack yang bisa dimakan bersama dengan si Kecil dan keluarga. Bakwan memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut pada bagian isi sehingga akan disukai oleh si Kecil dan tak mungkin dilewatkan olehnya. Bahkan, Bunda juga bisa menyajikan resep masakan untuk anak ini dengan diiringi saus tomat.

Hidangan ini juga cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Resep masakan sederhana sehari-hari ini begitu penuh akan rasa dan juga mengandung nutrisi yang didapat dari sayur-sayuran yang digunakan. Untuk menjaga kandungan nutrisinya pastikan Bunda tidak menggorengnya terlalu lama ya Bu!

Yuk, langsung kreasikan resep masakan sederhana sehari-hari ini di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, Bunda!

Jangan lupa ya Bunda, untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil sehari-hari. Pastikan menerapkan pola makan lengkap dan seimbang sehingga si Kecil mendapatkan nutrisi yang memadai untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Bunda juga bisa bantu lengkapi nutrisinya dengan SGM Eksplor Complinutri, dilengkapi dengan Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi penting lainnya.

Bakwan

Sedang mencari ide masakan harian untuk dijadikan camilan si Kecil atau lauk pendamping nasi, Bunda? Menu bakwan yang nikmat ini bisa dijadikan pilihan, lho! Bakwan adalah jenis gorengan berbahan dasar tepung ditambah beberapa jenis sayuran yang telah dipotong kecil-kecil. Resep masakan sehari-hari ini memiliki sebutan khas di sejumlah daerah, misalnya bala-bala di Jawa Barat atau pia-pia di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bakwan ternyata juga dikenal di berbagai negara lain, tentunya sebutan dan tampilan yang sedikit berbeda. Di Jepang, misalnya, makanan ini dikenal dengan nama kakiage, terkadang mirip dengan tempura, atau di Korea dikenal penganan bernama twigim yang persis seperti bakwan.

Selain lezat, ide masakan harian ini juga bernutrisi lho, Bunda. Wortel yang digunakan dalam resep masakan sehari-hari ini mengandung senyawa karotenoid, seperti beta-karoten dan alfa-karoten, yang merupakan zat gizi kunci yang dipercaya ahli untuk kesehatan. Tak hanya kaya akan karotenoid, wortel juga mengandung vitamin A. Seperti yang kita ketahui, vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata.

Selain wortel, menu masakan harian ini juga menggunakan sayur kol atau kubis. Berdasarkan kandungan nutrisinya, kol merupakan sumber vitamin K yang sangat baik. Vitamin ini larut dalam lemak dan memiliki banyak peran bagi kesehatan tubuh. Vitamin K sangat penting untuk proses pembekuan darah. Kekurangan vitamin K akan membuat darah kehilangan kemampuannya untuk membeku secara normal, sehingga risiko perdarahan meningkat.

Bukan hanya itu saja, vitamin C yang sangat banyak yang pada kol akan membantu pembentukan kolagen. Kolagen dapat menjaga kekenyalan kulit dan berperan penting dalam menjaga fungsi otot serta pembuluh darah. Kemudian, manfaat vitamin C untuk anak juga akan membantunya untuk menyerap zat besi. Hal ini sangat penting lantaran manfaat zat besi untuk anak ada banyak dan salah satunya adalah sebagai komponen dari hemoglobin, yang berguna untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh agar si kecil dapat memproduksi energi secara lancar. Hebat ya, Bunda!

Tetapi, sebelum melihat resep masakan sederhana sehari-hari ini, perlu diketahui kalau Bunda akan menghasilkan setidaknya 5 buah bakwan. Tentunya resep ini juga bisa dimodifikasi sesuai jumlah yang Bunda Inginkan. Langsung simak caranya, yuk!


Nilai Gizi per Resep

Energi: 473 kkal

Protein: 13.6 gram

Karbohidrat: 101 gram

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan