Facebook Pixel Code Ingin Si Kecil Tumbuh Aktif dan Sehat? Jangan Lupa Nutrisi Ini

Ingin si Kecil Tumbuh Aktif dan Sehat? Jangan Lupa Asupan Nutrisi Ini!

Ingin si Kecil Tumbuh Aktif dan Sehat? Jangan Lupa Asupan Nutrisi Ini!

Ingin si Kecil Tumbuh Aktif dan Sehat? Jangan Lupa Asupan Nutrisi Ini!

Bunda, dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil dibutuhkan berbagai nutrisi penting. Salah satunya yaitu zat besi. Mineral ini berperan dalam proses perkembangan kognitif, motorik, dan fisiologis sel-sel saraf otak. Zat besi juga memproduksi hemoglobin untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga si Kecil dapat tumbuh aktif dan sehat. Kekurangan zat besi pada anak dapat berdampak pada melambatnya proses belajar si Kecil karena kurangnya konsentrasi, sulit bersosialisasi karena ia tidak aktif, gangguan permanen pada sistem motorik dan sensorik, mudah terserang penyakit serta terhambatnya pertumbuhan fisik si Kecil. 

Melihat pentingnya peran sumber zat besi untuk anak, Bunda perlu memastikan agar kebutuhan zat besi si Kecil selalu terpenuhi, ya. Kebutuhan zat besi untuk anak usia 1-3 tahun adalah sebanyak 7 mg per hari.  Pastikan Bunda melengkapi menu makan si Kecil dengan makanan dan minuman yang kaya zat besi seperti di bawah ini:

Hati ayam

Hati ayam merupakan salah satu sumber zat besi untuk anak yang paling tinggi . Bahan makanan ini bisa diolah sebagai tumisan, sup, bubur dan masih banyak lagi. Namun, pastikan Bunda memasaknya sampai matang, ya. Menurut USDA National Nutrient Database di dalam 28g hati ayam (sekitar ½ potong) terdapat 3,6mg zat besi. Selain hati ayam, hati sapi juga mengandung zat besi namun jumlahnya lebih rendah yaitu 1,7 mg untuk takaran saji yang sama.

 

Daging merah

Daging merah seperti sapi dan kambing menyediakan zat besi dalam bentuk yang lebih mudah diserap tubuh. Pada daging sapi cincang dengan takaran saji 28g ada sebanyak 0,8mg zat besi. Daging kambing dalam jumlah sama mengandung 1mg zat besi. Daging juga baik untuk si Kecil karena mengandung protein, zinc, dan vitamin B. Saat memasak, olah daging sampai matang sempurna hingga warnanya tidak lagi merah muda.

 

Ikan-ikanan laut

Ikan salmon seberat 85g mengandung 0,47mg zat besi sedangkan 1 tuna kaleng mengandung sekitar 1,3mg zat besi. Bunda bisa mengolahnya jadi ikan panggang, masakan berkuah, bola-bola ikan, dan lain sebagainya. Selain zat besi, ikan-ikanan laut (termasuk makerel, kod, sarden) juga kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak si Kecil. 

 

Telur

Tak hanya mudah disulap menjadi makanan favorit si Kecil, kandungan zat besi telur juga tergolong tinggi. Dua butir telur (100 g) mengandung zat besi sekitar 1,6mg. Selain diolah sebagai orak-arik, telur mata sapi, atau telur dadar, Bunda juga bisa mencampurkannya dalam adonan kue atau bubur. 

 

Kacang-kacangan

Makanan lainnya yang mengandung sumber zat besi untuk anak  usia 1-3 tahun adalah kacang-kacangan. Kacang merah dengan porsi 256g mengandung 3,25 mg zat besi. Tak hanya dicampur ke sup, Bunda juga bisa membuat es kacang merah sebagai makanan selingan yang nikmat. 

 

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau pekat khususnya bayam dan brokoli terkenal akan kandungan zat besi yang tinggi. Sebanyak 28gr (3 ikat) bayam mengandung 1mg zat besi, sementara 28g brokoli (9 kuntum) memiliki kandungan zat besi 0,2mg. Bayam dan brokoli juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh lebih baik. Untuk mempertahankan nutrisi sayuran, sebaiknya olah dengan cara kukus dibandingkan rebus.

 

Roti gandum

Roti gandum juga bisa menjadi pilihan sarapan atau camilan si Kecil. Satu iris roti (28g) memiliki kandungan zat besi 0,7mg. Tak hanya zat besi, roti gandum juga mengandung vitamin B, vitamin E, dan serat. Selain roti, Bunda juga bisa memilih pasta gandum, tepung gandum, beras cokelat dan beras merah.

 

Buah kering

Bila si Kecil ingin camilan, coba tambahkan buah kering seperti kismis atau kurma. Buah kering tidak hanya enak dan manis, tapi juga tinggi zat besi. Contohnya saja, 145g kismis mengandung 2,73mg zat besi. Terlebih, ada kandungan vitamin C dalam buah kering yang mendukung penyerapan zat besi.

 

Susu Pertumbuhan 

Selain jenis-jenis makanan di atas, Bunda juga bisa memberikan susu pertumbuhan yang sudah difortifikasi dengan nutrisi penting sesuai kebutuhan si Kecil seperti zat besi, vitamin C, kalsium, vitamin D, minyak ikan, Omega 3 & 6, zinc, serta serat pangan. 

 

Vitamin C untuk Membantu Penyerapan Zat Besi     

Bunda, kombinasi vitamin C dan zat besi dengan rasio yang sesuai juga dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan nutrisi penting lainnya di dalam tubuh si Kecil. Hal ini penting untuk mendukung tumbuh kembang optimal si Kecil dan mengasah potensi prestasinya.

Oleh karena itu, Bunda dapat tambahkan makanan dan minuman yang mengandung vitamin C yang bagus untuk anak dalam menu hariannya . Misalnya, berikan si Kecil jus, buah potong, atau puding buah berbahan jambu biji, jeruk, kiwi, pepaya, dan stroberi. Bunda juga bisa menambahkan olahan sayur seperti tomat, bayam, brokoli dan paprika. Pastikan dukung selalu tumbuh kembang si Kecil dengan asupan nutrisi lengkap dan seimbang ya, Bunda. 

 

Sumber:

Original article: The top iron-rich foods for your toddler (Danone Global) including https://www.cgbabyclub.co.uk/toddler/feeding/top-iron-rich-foods.html Accessed 29 Oct 2020

https://www.parentingscience.com/iron-rich-foods.html Accessed 29 Oct 2020

USDA National Nutrient Database https://data.nal.usda.gov/dataset/usda-national-nutrient-database-standard-reference-legacy-release, Accessed 29 Oct 2020 https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pastikan-bayi-anda-cukup-zat-besi Accessed 29 Oct 2020

 

 

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...

Rekomendasi Asupan Gizi & Nutrisi Seimbang ...

Dalam pemberian nutrisi, Ibu bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam memberikan...

Tips Agar Si Kecil Berprestasi ...

Ibu pasti ingin si Kecil memiliki bakat, kan? Yuk, cari tahu apa yang menjadi minat dan bakat si...

Cara Tepat Membaca Grafik Pertumbuhan ...

Kuasai kemampuan membaca grafik pertumbuhan untuk memantau tumbuh kembang optimal si Kecil di...

4 Hal yang Membuat Anak Jadi ...

Perilaku susah makan pada anak usia 1 tahun ke atas bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Ketahui...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan