Facebook Pixel Code 4 Manfaat Kalsium untuk Anak dan Beragam Sumber Makanannya

Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak dan Sumber Makanan Terbaiknya

Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak dan Sumber Makanan Terbaiknya


Seiring bertambahnya usia anak, ia butuh asupan kalsium yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya. Terlebih bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, jenis mineral ini sangat dibutuhkan agar tulang dan giginya sehat dan kuat. 

Itulah sebabnya, Bunda perlu memenuhi kebutuhan kalsium anak lewat asupan makanan mengandung kalsium yang tepat. Namun sebelum itu, ketahui dulu manfaat kalsium untuk anak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Manfaat Kalsium untuk Pertumbuhan dan Kesehatan Anak

Kalsium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan di segala usia, tak terkecuali bagi anak-anak selama masa pertumbuhan. 

Kalsium identik bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Padahal selain itu, manfaat kalsium juga dapat membantu kerja sistem saraf, otot, hingga kesehatan jantung.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat kalsium untuk anak selengkapnya. 

1. Memperkuat Tulang

Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, tulang sedang berkembang dengan sangat pesat.

Perkembangan tulang di usia anak-anak ini akan terus berlanjut hingga akhir masa remajanya. Jadi bisa dibilang, kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang.

Untuk itu, penting bagi Bunda mendukung tulang tumbuh secara optimal di masa kanak-kanak hingga remaja salah satunya dengan memenuhi kebutuhan kalsium anak. 

2. Mencegah Anak dari Penyakit Rakhitis

Tahukah Bunda? Kalsium juga bermanfaat untuk mencegah anak mengalami pengeroposan tulang di kemudian hari, lho.

Asupan kalsium yang cukup disertai vitamin D juga membantu menghindari anak dari penyakit rakitis. Rakitis adalah penyakit yang membuat tulang kaki anak menjadi bengkok dan melemahkan otot sehingga menghambat pertumbuhan.

3. Membantu Kerja Otot

Manfaat kalsium untuk anak juga dapat membantu kerja otot. Ketika saraf menstimulasi otot, tubuh akan melepaskan kalsium. Kalsium inilah yang akan membantu protein dalam otot guna membantu kerja otot. Ketika tubuh memompa kalsium keluar dari otot, maka otot tubuh akan terasa lebih rileks.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kalsium untuk anak berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Kalsium berperan penting dalam proses pembekuan darah. Tak hanya itu, peran kalsium dalam fungsi otot juga termasuk mempertahankan otot jantung. Mineral ini pun dapat mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah. 

Bukan hanya itu, manfaat kalsium untuk anak juga dapat mengaktifkan enzim yang dibutuhkan dalam mengubah zat gizi menjadi energi. Dengan kata lain, kebaikan kalsium tak hanya soal tulang yang kuat. Kalsium juga memiliki banyak fungsi yang membantu tubuh si Kecil berfungsi dengan baik. 

Baca Juga: Kalsium dan Vitamin D Adalah Kunci Perkembangan Motorik Si Kecil

Berapa Kebutuhan Kalsium Anak Per Hari?

Kebutuhan minyak ikan untuk anak bergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019, berikut adalah kebutuhan kalsium anak per harinya.

  • Usia 0-5 bulan: 200 miligram/hari.

  • Usia 6-11 bulan: 270 miligram/hari.

  • Usia 1-3 tahun: 650 miligram/hari.

Sumber Makanan yang Mengandung Kalsium

Kalsium adalah mineral yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh secara alami. Kalsium selalu dilepas oleh tubuh setiap hari melalui buang air kecil atau besar bahkan dari kulit. 

Maka dari itu, Bunda sebaiknya perlu mengolah berbagai makanan di bawah ini sebagai menu harian agar kebutuhan kalsiumnya dapat terpenuhi.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber kalsium yang dapat menjadi pilihan sehari-hari. Bunda dapat mengolah pakcoy, bayam, brokoli, dan kubis sebagai asupan kalsium anak. 

Sayuran tersebut juga mudah diolah menjadi sup atau tumis sayuran yang diisi berbagai jenis bahan makanan sehat lainnya. Alhasil, anak mendapatkan manfaat kalsium dan nutrisi lain yang baik untuk tubuhnya.

2. Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu tidak hanya sumber protein nabati, tetapi juga mengandung kalsium yang kaya manfaat bagi tubuh anak. Menurut situs Panganku, per 100 gram tahu segar mengandung 223 mg kalsium, sedangkan tempe mengandung 517 mg kalsium per 100 gramnya. 

Jika bosan bila hanya digoreng saja, Bunda bisa membuat tempe mendoan, tahu telur, orak-arik tahu, atau membuat sajian salad khas Indonesia seperti gado-gado.

3. Ikan Sarden, Ikan Lele, dan Udang

Selain dari sayuran hijau, Bunda bisa memberi macam-macam ikan dan hidangan laut sebagai makanan yang mengandung kalsium seperti ikan sarden air tawar, ikan lele, hingga udang.

Tak hanya kebaikan kalsium, ikan juga kaya manfaat untuk anak karena mengandung berbagai jenis nutrisi.

Misalnya, ikan sarden air tawar juga mengandung vitamin A, B kompleks, dan magnesium yang membantu tubuh menyerap kalsium. Kemudian, selain kalsium, ikan lele juga mengandung vitamin C dan zat besi yang merupakan nutrisi esensial bagi tumbuh kembang anak.

Sementara itu, udang yang kaya akan vitamin D berperan membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh. Tak hanya itu, udang juga mengandung asam lemak omega-3 yang sudah terkenal kebaikannya dalam membantu tumbuh kembang si Kecil.

Baca Juga: Ikan yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Anak

4. Ubi 

Tahukah Bunda kalau ubi juga tergolong dalam kelompok makanan yang mengandung kalsium tinggi? Maka, bila anak sedang bosan makan nasi, tak ada salahnya untuk mengolah ubi sebagai alternatif sumber karbohidratnya. 

Satu buah ubi berukuran besar diketahui mengandung sekitar 68 miligram kalsium yang baik untuk tubuh si Kecil. Salah satu jenis umbi-umbian ini juga mengandung kalium serta vitamin A dan C. 

Selain hanya mengukusnya untuk dijadikan sebagai camilan, Bunda bisa mengolah ubi menjadi bola-bola ubi, kolak ubi, hingga puding ubi ungu. Dijamin si Kecil pasti menyukainya lho, Bun!

5. Keju

Hampir semua jenis keju termasuk ke dalam makanan yang banyak mengandung kalsium. Selain kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan mata dan tulang, produk fermentasi ini juga mengandung protein. 

Mengonsumsi kalsium yang berasal dari produk olahan susu disebut memudahkan proses penyerapan kalsium dalam tubuh daripada yang terdapat dalam sumber makanan nabati.

Cukup tambahkan keju ke dalam berbagai olahan makanan atau camilan favorit si Kecil, termasuk salad buah segar.

6. Yoghurt

Selain keju, yoghurt juga menjadi pilihan makanan yang mengandung tinggi kalsium. Sebagian besar produk yoghurt kaya akan probiotik, yakni sejenis bakteri baik yang berfungsi mengoptimalkan fungsi imun tubuh, kesehatan jantung, dan memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. 

Dalam 245 gram yoghurt tanpa rasa mengandung sekitar 23% kebutuhan kalsium, serta terdapat zat nutrisi lainnya, seperti fosfor, kalium, juga vitamin B2 dan B12.

7. Susu Pertumbuhan Terfortifikasi

Bunda mungkin sudah tahu kalau susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Selama masa pertumbuhannya, Mama bisa memberikan si Kecil asupan kalsium lebih banyak melalui susu pertumbuhan terfortifikasi. 

Salah satu susu pertumbuhan terfortifikasi yang bisa diberikan untuk si Kecil adalah susu SGM Eksplor 1+. SGM Eksplor, satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronC™, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi hingga 2x lipat.

Dilengkapi dengan DHA, kalsium, Minyak Ikan, Omega 3&6 serta nutrisi penting lainnya, bantu si Kecil tumbuh maksimal jadi generasi maju yang berpikir cepat dan berani.

Selain meminta anak untuk minum susu formula, Bunda juga dapat menggunakan susu sapi sebagai bahan olahan makanan. Berikut tips mudah menggunakan susu sebagai olahan makanan:

  • Kombinasi susu dan sereal sarapan atau oatmeal.

  • Membuat minuman smoothie menggunakan susu. 

  • Membuat pancake atau panekuk dengan susu.

Baca Juga: Kandungan Susu yang Bagus untuk Pertumbuhan Tulang Anak

Ingin mencari inspirasi seputar pemenuhan gizi anak sehari-hari sebelum ia mulai masuk sekolah? Yuk, daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses ke banyak informasi parenting terbaru serta beragam promo menarik lain seputar susu SGM. Gratis!

Referensi tambahan:

  1. Jennings, K.-A. (2018, July 27). Top 15 Calcium-Rich Foods (Many Are Nondairy). Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/15-calcium-rich-foods#TOC_TITLE_HDR_3
     
  2. Newman, T. (2020, January 28). Benefits and sources of calcium. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/248958#why-we-need-calcium
     
  3. Calcium (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2021). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/calcium.html#:~:text=Kids%201%20to%203%20years,a%20day%20(4%20servings).
     
  4. Data Komposisi Pangan Indonesia - Beranda. (2017). Panganku.org. http://www.panganku.org/id-ID/beranda
     
  5. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Masyarakat Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
     

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline