Facebook Pixel Code Tips Agar Si Kecil Berprestasi Sesuai Minat dan Bakat

Tips Agar Si Kecil Berprestasi Sesuai Minat dan Bakat

Tips Agar Si Kecil Berprestasi Sesuai Minat dan Bakat

Tips Agar Si Kecil Berprestasi Sesuai Minat dan Bakat

Untuk menemukan atau mencari tahu minat dan bakat si Kecil bukanlah hal yang sederhana. Tidak jarang orangtua melakukan berbagai cara agar si Kecil berprestasi di bidang yang ternyata kurang diminati. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa orangtua lakukan agar si Kecil bisa mencari minat dan bakatnya supaya  lebih kreatif dan kelak berprestasi sesuai dengan kemampuannya.

Mengenali minat dan bakat si Kecil

Berdasarkan The National Research Center on Gifted and Talented, ketika mendengar kata "bakat", sebagian besar orang akan berpikir anak  si Kecil menonjol di bidang kreatif atau seni. Beberapa contohnya seperti si Kecil kreatif dalam melukis, memainkan alat musik, hingga bernyanyi.

Namun bakat juga bisa mengacu pada kelebihan dalam mengolah kemampuan fisik di bidang olahraga, kemampuan belajar di bidang akademis, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, bakat bisa mencakup berbagai area atau bidang.

Bakat bisa terus dilatih dan berkembang apabila disertai aktivitas atau stimulasi yang sesuai dengan minat si Kecil. Namun, terkadang si Kecil bisa saja menyatakan jika ia tidak tertarik dengan bidang tertentu dan terus beralih dari satu aktivitas ke aktivitas lain.

Ketika ini terjadi, orangtua akan kesulitan untuk menemukan apa sebenarnya yang diminati si Kecil. Padahal, mengetahui minat dan bakat dapat membantu si Kecil menjadi anak yang berprestasi.

Cara mendukung minat dan bakat si Kecil

Orang tua pasti ingin si Kecil menemukan aktivitas yang memuaskan dirinya sendiri sekaligus bisa melatih potensi secara maksimal. Maka dari itu, perlu dilakukan upaya lebih agar si Kecil menemukan minat dan bakatnya.

Untuk menemukan dan mendukung minat, Anda bisa melakukan hal ini:

- Dorong si Kecil untuk terlibat dalam berbagai aktivitas di setiap kesempatan.

- Jadilah guru yang dibekali informasi tentang berbagai topik dan membimbing serta mengajak si Kecil untuk membahas topik-topik tersebut.

- Perhatikan aktivitas, objek, tokoh, tempat, atau topik apa yang membuat si Kecil tertarik. Manfaatkan kesempatan ini untuk mengidentifikasi apa yang ia suka.

- Tunjukkan bahwa terdapat berbagai sumber informasi tentang berbagai topik yang bisa dipelajari, misalnya buku, internet, hingga perpustakaan.

- Selalu bantu si Kecil ketika ingin menguasai sebuah topik.

Ketika minat sudah teridentifikasi, selanjutnya orangtua perlu mendukung si Kecil untuk mengembangkan minatnya tersebut. Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti:

- Amati dan jangan terburu-buru mendorong si Kecil untuk menekuni suatu bidang ketika melihat sebuah potensi, karena hal ini memerlukan waktu

- Ingat bahwa si Kecil yang memiliki potensi dalam suatu bidang, misal musik atau akademis, bukan berarti berminat untuk melatih kemampuannya di bidang tersebut

- Ketahui bahwa ketika si Kecil menunjukkan minat pada sebuah bidang, orangtua perlu memberikan perhatian penuh dan berusaha memfasilitasinya. Dengan tujuan agar minat bisa berkembang dan diharapkan si Kecil menjadi semakin kreatif dan berprestasi di bidang yang ia sukai.

Selain dengan melakukan langkah-langkah di atas, terdapat satu faktor lain yang tidak kalah penting. Orangtua harus memastikan si Kecil mendapat asupan nutrisi yang lengkap, tepat, dan memadai.

Nutrisi berperan sebagai sumber energi, mendukung tumbuh kembang, serta bisa melindungi si Kecil agar tidak mudah sakit dengan menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh. Salah satu nutrisi yang memiliki peran penting dalam mendukung tumbuh kembang si Kecil adalah zat besi. Mineral ini memiliki peran dalam mendukung perkembangan kognitif, motorik dan sensorik si Kecil serta mendukung pertumbuhan fisiknya. 

Oleh karena itu, Bunda perlu memastikan kecukupan zat besi si Kecil dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging merah, hati atau biji-bijian dan kacang-kacangan. Bunda juga perlu mendukung penyerapan zat besi dengan makanan sumber vitamin C seperti jeruk, mangga dan brokoli. 

Bunda bisa memberikan si Kecil susu pertumbuhan yang sudah difortifikasi dengan zat besi dan vitamin C. Untuk cek potensi kekurangan zat besi pada si Kecil, Bunda bisa mengunjungi bit.ly/CekResikoZatBesi.

Demi mengembangkan bakat, orangtua pertama perlu menemukan minat si Kecil. Ketika minat si Kecil sudah terlihat, entah itu di bidang kreatif, akademis, atau olahraga, Anda perlu memberikan dukungan sepenuhnya agar si Kecil pun menjadi anak yang berprestasi.

Referensi:

Delcourt, M. - The National Research Center on the Gifted and Talented. Recognizing and Encouraging Interests, Strengths, and Talents of Young Gifted Children. Retrieved January 21, 2021, from https://nrcgt.uconn.edu/wp-content/uploads/sites/953/2015/04/A9818.pdf

Lowry, L. (2013). What Makes Your Child “Tick”? Using Children’s Interests to Build Communication Skills. Retrieved November 3, 2019, from http://www.hanen.org/Helpful-Info/Articles/What-Makes-Your-Child-Tick-.aspx

The ECTA Center - FPG Child Development Institute of the University of North Carolina. Identifying Child Strengths. Retrieved from https://ectacenter.org/~pdfs/decrp/PG_Asm_IdentifyingChildStrengths_prac_print_2017.pdf

 

Ascd.org. (2019). How to Identify and Develop Special Talents - Educational Leadership. Retrieved January 21, 2021, from http://www.ascd.org/publications/educational-leadership/feb96/vol53/num05/How-to-Identify-and-Develop-Special-Talents.aspx

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 1 - 3 tahun

Apakah Susu Pertumbuhan Terfortifikasi Bermanfaat ...

Kebutuhan nutrisi si Kecil selalu menjadi prioritas utama pada setiap orang tua. Orang tua tentu...

8 Nutrisi Ini Bisa untuk Bantu ...

Si Kecil yang memasuki usia 1-3 tahun akan mengalami masa pertumbuhan yang signifikan karena pada...

Rekomendasi Asupan Gizi & Nutrisi Seimbang ...

Dalam pemberian nutrisi, Ibu bisa mengikuti Pedoman Gizi Seimbang sebagai panduan dalam memberikan...

Cara Tepat Membaca Grafik Pertumbuhan ...

Kuasai kemampuan membaca grafik pertumbuhan untuk memantau tumbuh kembang optimal si Kecil di...

4 Hal yang Membuat Anak Jadi ...

Perilaku susah makan pada anak usia 1 tahun ke atas bisa menyebabkan kekurangan zat besi. Ketahui...

Kandungan Isolat Protein Soya dalam ...

Yuk, kenalan dengan Isolat protein soya, salah satu kandungan SGM Eksplor Soya yang aman dan...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

Butuh Bantuan