Resep Bubur Labu Susu Kedelai

Anisa Rahmadani 31 Jul 2019
Icon Logo Chef
Child
Icon Logo Duration
30 menit
Bagikan:

Bahan-bahan:

  • 200 gram labu kuning, dikupas
  • 300 ml susu kedelai
  • 1/2 buah tomat merah, buang bijinya

Cara Membuat:

  1. Potong labu kuning, kukus hingga empuk
  2. Masukkan susu kedelai bersama dengan labu kuning dan tomat, aduk rata sampai hancur
  3. Haluskan dengan blender. Sajikan.

Resep Bubur Labu Susu Kedelai

Tahukah Bunda kalau labu kuning adalah jenis buah-buahan? Labu kuning bisa jadi bahan makanan bernutrisi untuk anak dengan alergi. Yuk, intip fakta dari labu kuning dan cara menyiapkan bubur labu susu kedelai berikut ini.

Cara penyajian labu kuning bisa dengan direbus, dikukus, atau dipanggang. Labu kuning juga bisa dicampur dengan bahan makanan lainnya seperti sereal, yogurt, atau susu kedelai. 

Komposisi gizi labu kuning terdiri atas vitamin A, beta carotene, potasium, protein, zat besi dan beberapa mineral penting lainnya. Labu kuning juga rendah lemak dan tinggi serat sehingga bisa memberikan efek mengenyangkan secara maksimal. Beberapa manfaat labu kuning antara lain:

1. Mengandung Nutrisi Penting 

Sesuai kandungan gizi yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin dan mineral dalam labu kuning sangat cocok untuk perkembangan anak. Contohnya kalsium dan magnesium bisa membantu pertumbuhan tulang; fosfor yang baik untuk fungsi otak, pencernaan, dan hormon. 

2. Melindungi Kesehatan Mata

Berkat vitamin A yang ada pada labu kuning, kesehatan mata bukan saja akan lebih terlindungi tetapi juga semakin awas untuk penglihatan di malam hari. 

3. Membantu Pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi, labu kuning bisa menunjang pencernaan sehingga frekuensi BAB semakin lancar. 

4. Kaya Antioksidan

Beta carotene membantu menghalau zat radikal bebas, mencegah stres akibat oksidan dan mencegah penurunan fungsi otot. Beta carotene juga salah satu elemen penting untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan kulit. 

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Labu kuning mengandung tryptophan yang membantu produksi serotonin. Asam amino ini membuat tidur semakin lelap. 

6. Mendukung Sistem Imun

Adanya vitamin C sekaligus beberapa komponen biokimia penting lainnya, labu kuning juga ampuh mengatasi terhadap pilek dan flu. Meski sudah dimasak, labu kuning tetap memiliki kandungan antimikroba yang bisa mencegah infeksi dan penyakit.

Image Footer Alergi Anak