Ogura Ketan Hitam untuk Penderita Celiac

Oleh Anisa Rahmadani | 29 Jul 2019
   
resep resep
Child resep |  70m menit

Ogura Ketan Hitam untuk Penderita Celiac

Bahan-bahan:

5 butir kuning telur

40 ml minyak

80 gr santan kental

45 gr tepung beras, tapioka, maizena (20g, 15 g, 10g)

40 gr tepung ketan hitam

5 butir kuning telur

85 gr gula

1 sdt air jeruk nipis

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 160 derajat Celcius.
  2. Siapkan loyang lebar berisi air dan loyang untuk ogura ukuran 20 cm yang sudah diolesi margarin.
  3. Campur tepung dan ketan hitam, ayak.
  4. Kocok kuning telur, santan, dan minyak. Tambahkan campuran tepung. Aduk hingga licin.
  5. Dalam wadah terpisah, mixer putih telur dan air jeruk nipis hingga berbusa. Tambahkan gula secara bertahap (3 kali penambahan). Mixer hingga kaku.
  6. Secara bertahap, campurkan beberapa sendok adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata. Ulangi hingga semua adonan putih telur habis.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Panggang dengan metode water bath (letakkan loyang berisi adonan di loyang lebar berisi air). Panggang dalam oven selama sekitar 50-60 menit.
  8. Setelah matang balikkan (bisa dialasi wire rack) buka kertas baking dan tunggu dingin sebelum dipotong.

Ketan Hitam untuk Penderita Celiac

Jika buah hati mengalami alergi susu sapi atau mengalami intoleransi terhadap gluten, Bunda tentu harus menghindari makanan yang mengandung bahan pemicu reaksi alergi. Gluten adalah protein yang biasanya terkandung dalam beberapa jenis bahan makanan seperti gandum atau terigu. 

Asupan Makanan yang Bebas Gluten

Jika si Kecil  mengalami masalah pada pencernaannya setelah konsumsi makanan yang mengandung produk turunan susu sapi atau gluten, Bunda sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Meski sulit sembuh, kondisi ini bisa diatasi dengan memberikan asupan makanan yang bebas gluten dan produk turunan susu. 

Berikut adalah resep kue Ogura Ketan Hitam yang bebas gluten dan bahan turunan susu sapi sehingga aman untuk si Kecil yang alergi. Resepnya juga praktis dan mudah dibuat. Selamat mencoba ya, Bun!