Facebook Pixel Code Mengenal Tes Alergi Bagi Anak Anda dan Macam-Macamnya

Tes Alergi Bagi Anak

Tes Alergi Bagi Anak

APA ITU TES ALERGI ?

Tes alergi adalah tes untuk mengetahui apakah anak alergi dan/atau mengetahui jenis zat yang menyebabkannya alergi. Tes alergi yang umum dilakukan adalah uji kulit yang terdiri dari "skin prick test" (SPT), uji intradermal, dan "patch test". SPT dan uji intradermal merupakan "gold standard" pada reaksi alergi cepat, sedangkan "patch test" digunakan pada reaksi alergi lambat.


SPT mudah dikerjakan, cukup aman dengan efek samping minimal. Hasil uji ini dapat dibaca dalam waktu 15-20 menit dan dinyatakan positif jika terdapat wheal (area yang menunjukkan reaksi alergi pada kulit) dengan diameter 3 mm atau lebih. Jika sedang menggunakan obat antihistamin atau kortikosteroid sebaiknya dihentikan dahulu 3 hari sebelum waktu tes. Bila tidak mungkin dilakukan SPT bisa dengan cara mengukur IgE spesifik.

Uji intradermal dilakukan dengan menyuntikkan alergen 0,02-0,03 ml secara intradermal, hingga terbentuk "wheal" sebesar 3 mm, dan dapat dibaca 15-20 menit setelah penyuntikan. Hasil dinyatakan positif jika "wheal" bertambah 3 mm dari "wheal" awal dengan adanya kemerahan di sekitar "wheal". Uji intradermal memiliki risiko anafilaksis yang lebih besar dibandingkan dengan SPT. Pada alergi yang dicurigai tipe cepat, pemeriksaan SPT dilakukan terlebih dahulu. Jika ditemukan hasil yang negatif, dilakukan langkah pemeriksaan dengan uji intradermal.

Pada reaksi tipe lambat, pemeriksaan dapat dilakukan dengan uji intradermal, "patch test", dan uji provokasi sebagai langkah akhir penegakan diagnosis. Patch test dilakukan untuk membuktikan alergi kulit karena kontak dengan alergen. Beberapa zat pemicu alergi ditempelkan pada kulit dengan tempelan khusus selama 48-72 jam.

Setiap jenis tes alergi ini akan sebaiknya dilakukan di klinik khusus alergi atau rumah sakit yang siap untuk mengatasi kondisi syok anafilaksis (reaksi alergi parah yang dapat menyumbat saluran napas). Pelaksanaannya juga harus direkomendasikan dan diawasi oleh dokter anak atau dokter ahli alergi.

 

 

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline