Facebook Pixel Code Nutrisi Khusus Pengganti Makanan Alergi

Nutrisi Anak Alergi

Nutrisi Anak Alergi

MPASI : MAKANAN PENDAMPING ASI BAGI SI KECIL

Air susu ibu atau ASI adalah makanan terbaik yang dapat diterima oleh si Kecil di dua tahun pertama hidupnya. Namun memang terkadang ada kasus-kasus khusus yang akhirnya membuat orangtua terpaksa harus memberikan formula pada si Kecil.

Sebaiknya orangtua berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai pemberian susu formula yang sesuai dan memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Lepas dari 6 bulan pertama, si Kecil perlu mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI dimana ia mulai belajar untuk mengembangkan keterampilan mengunyah makanan. MPASI diberikan secara bertahap, dari yang halus, agak kasar, kasar, hingga sama dengan makanan orang dewasa (biasanya di usia 1 tahun). Pada saat pemberian MPASI inilah orangtua perlu jeli dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi si Kecil.

Jika si Kecil kemudian dicurigai mengalami alergi susu sapi, sebaiknya ia diberi sumber protein lain yang memiliki kualitas setara dengan protein susu sapi. Tentunya orangtua harus tetap berkonsultasi dengan dokter agar si Kecil mendapatkan nutrisi yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan alternatif susu formula khusus sebagai berikut :

  • Susu formula terhidrolisis parsial : protein pada susu ini melalui proses hidrolisis parsial, yaitu susu diproses tapi disisakan sebagian protein susu yangmenyebabkan alergi. Tujuannya agar tubuh mengenali zat tersebut hingga suatu saat si Kecil minum susu, si Kecil dapat mengenali alergen dan tak muncul reaksi alergi. Susu ini diberikan pada si Kecil yang belum muncul manifestasi alerginya.
  • Susu formula terhidrolisis sempurna : protein pada susu ini mengalami proses hidrolisis ekstensif, yaitu susu tidak mengandung alergen sama sekali. Susu ini diberikan untuk si Kecil dengan manifestasi alergi.
  • Susu formula soya: susu ini menjadi alternatif bagi si Kecil yang alergi susu sapi namun tidak alergi terhadap kacang kedelai. Sehingga dibuatlah susu formula berbahan dasar isolat protein soya. Susu formula berbahan dasar soya merupakan alternatif yang sering dipakai orangtua pada si Kecil yang alergi susu sapi karena harga yang lebih murah dan rasanya yang enak.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline