Facebook Pixel Code Cara Mengatasi Alergi Makanan Pada Anak | Generasimaju.co.id

Mengatasi Alergi Makanan

Mengatasi Alergi Makanan

Cara mengatasi alergi makanan yang paling ampuh adalah dengan menghindari sumber pemicu alergi atau alergen. Dengan cara ini, anak bisa terhindar dari gejala dan reaksi alergi yang timbul. Dalam beberapa kasus alergi makanan serius, reaksi bisa sampai berakibat fatal jika tidak sigap ditangani. Karena itu, mari cari tahu cara mengatasi alergi makanan jangka panjang berikut ini.

1. ASI Adalah yang Terbaik

Cara mengatasi alergi makanan dari awal bisa dilakukan dengan memberikan ASI eksklusif kepada buah hati. ASI adalah perlindungan dini dengan serangkaian manfaat kesehatan yang baik, termasuk untuk mencegah alergi. Bunda hanya perlu menghindari makanan tertentu jika ternyata buah hati terlihat menunjukkan reaksi alergi. Sebaiknya Bunda tetap mempertahankan diet seimbang dengan nutrisi cukup untuk tumbuh kembang buah hati yang optimal.

2. Menghindari Alergen Makanan

Supaya anak tidak terpapar makanan pemicu alergi, Bunda disarankan menghindari penyajiannya di rumah. Jika ini tidak mungkin karena ada beberapa anggota keluarga lain, setidaknya hindarkan sebisa mungkin alergen makanan dari anak. Beberapa cara yang bisa Bunda lakukan, antara lain:

  • Memberi label warna pada kontainer makanan (misalnya label merah untuk yang tidak boleh dikonsumsi dan hijau untuk tanda aman).
  • Memisahkan botol minum anak dengan jelas agar tidak tertukar dengan anggota keluarga yang lain.
  • Menjauhkan alergen makanan agar tidak terjangkau buah hati. 
  • Hindari makanan yang berpotensi memicu alergi tercecer di dalam rumah.

Baca Juga:  Ringankan Efek Alergi Pada Anak

3. Edukasi Makanan pada Anak

Seiring pertumbuhan usia anak, Bunda boleh memberitahukan kepada anak seputar kondisi alergi makanan secara perlahan. Beberapa cara yang bisa Bunda lakukan adalah:

  • Membuat daftar jenis makanan yang wajib dihindari anak saat tidak berada di rumah.
  • Menjelaskan variasi menu makanan yang mungkin mengandung jenis pemicu alergi makanan.
  • Melatih anak menandai makanan yang berpotensi memicu alerginya. 
  • Ajari anak membaca label dan kemasan makanan dengan saksama.

4. Penyajian Makanan Cermat

Saat menyajikan makanan untuk anak penderita alergi, sebaiknya Bunda perhatikan sejak tahap memasak. Gunakan beberapa tips berikut untuk cara mengatasi alergi pada anak secara tuntas:

  • Jika harus memasak menu yang berbeda, usahakan memasak menu untuk alergi dulu supaya tidak tercampur pada wajan masak. 
  • Hindari menggunakan peralatan dapur yang sama dalam mempersiapkan makanan yang berpotensi memicu alergi.
  • Perhatikan kebersihan saat menyediakan makanan, saat makan, dan setelah selesai. Cuci peralatan makan dan memasak hingga bersih.
  • Ajarkan anak menggunakan peralatan baru yang bersih setiap akan makan untuk mencegah tercemarnya alergen makanan.

5. Libatkan Orang Sekitar

Selain pengawasan orang tua, pengawasan dari orang-orang sekitarnya agar dapat saling mewaspadai potensi alergen makanan yang ada. Beritahukan cara-cara mengawasi makanan si buah hati kepada anggota keluarga di rumah dan pengasuhnya agar dapat membantu pengawasannya. 

Informasikan juga alergi makanan kepada sekolah dan guru pengajar, serta tenaga kesehatan di UKS dan pihak kantin sekolah anak jika diperlukan. Saat memesan makanan ke restoran, Bunda juga sebaiknya bertanya atau meminta rekomendasi makanan yang aman bagi anak. Lakukan hal yang sama saat menerima sajian makanan saat bepergian.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline