7 Jenis Makanan Tanpa Kacang

Oleh Anisa Rahmadani | 30 Jul 2019
7 Jenis Makanan Tanpa Kacang

Tahukah Bunda, kacang-kacangan merupakan sumber serat makanan yang baik? Selain kaya serat sebagai sumber karbohidrat yang baik, kacang-kacangan juga mengandung berbagai nutrisi penting; termasuk beberapa vitamin B kompleks, vitamin E, mineral seperti kalsium, zat besi, seng, potasium, serta magnesium. Hal yang baik dalam kacang inilah yang menjadikannya sebagai alternatif makanan camilan bergizi untuk buah hati. Selain enak dikonsumsi dengan dipanggang atau direbus, kacang-kacangan juga bisa dijadikan selai atau memperkaya rasa pada makanan dan minuman lain seperti kue dan cokelat.

Sayangnya, ada beberapa orang yang ternyata alergi terhadap kacang sehingga perlu menghindarinya. Para ilmuwan dan ahli kesehatan belum bisa menjelaskan penyebab alergi kacang-kacangan secara spesifik. Namun, alergi kacang bisa menimbulkan reaksi alergi yang bervariasi, mulai dari ringan hingga berakibat fatal. 

Jika Bunda mencurigai adanya alergi kacang-kacangan pada buah hati, sebaiknya langsung memastikannya dengan berkonsultasi ke dokter. Bunda juga sebaiknya memastikan menu makanan buah hati bebas kacang-kacangan. Berikut tujuh jenis makanan umum tanpa kacang-kacangan yang bisa Bunda coba:

1. Salad Buah dan Sayuran

Banyak cara untuk mengolah menu yang bebas dari kacang-kacangan dengan bahan utama buah dan sayur-sayuran untuk anak. Buah dan sayuran juga sangat padat gizi, mudah disajikan dan pastinya kaya serat dan vitamin seperti vitamin C dan Vitamin E.

Bunda boleh mencoba menyajikan salad buah dan sayuran dilengkapi saus lemon. Tata juga piring makanan buah hati dengan aneka warna dan membentuk wajah atau bentuk menarik, dijamin jadi sajian paling favorit. Namun, bila ingin menggunakan produk salad dressings yang dijual di pasaran, pastikan Bunda telah mempelajari komposisinya dan memastikan tidak mengandung bahan-bahan yang terbuat dari kacang-kacangan.

2. Ubi Panggang Manis

Ubi berukuran sedang sudah bisa memberikan anak asupan vitamin A, vitamin C, potasium, dan serat. Jika ingin mengolah menu yang bebas dari kacang-kacangan, coba iris tipis ubi seperti berbentuk emping, lalu panggang dengan siraman minyak selama beberapa menit. 

3. Roti Pisang

Punya sisa pisang yang sudah matang? Jangan dibuang bun karena bisa jadi bahan roti pisang bebas alergi kacang-kacangan yang manis dan lezat. Campurkan 275 gram tepung terigu bebas gluten, dan ¾ sdt soda kue dengan 2 buah pisang. 

Lumatkan dan tambahkan 75 gram mentega cair, 1 buah telur, 2 sdt ekstrak vanila dan sedikit madu. Bunda juga boleh menambahkan meses cokelat. Panggang adonan selama 20 menit. Setelah matang, biarkan dingin dulu selama 10 menit sebelum dipotong untuk disantap anak. 

4. Makaroni & Keju

Cukup 15 menit untuk siapkan menu andalan bebas alergi kacang-kacangan ini. Bahannya juga mudah, susu full krim, pasta makaroni, dan keju parut. Masak 120 ml susu dengan api sedang, tambahkan pasta, kemudian kecilkan api. Masak selama 8 menit sebelum memasukkan tambahkan keju parut. Lanjutkan memasak selama 2 menit dan sajikan.

5. Pasta Brokoli

Brokoli, pasta, dan keju adalah tiga bahan utama untuk menu lezat bergizi buat si buah hati. Rebus brokoli sebelum diblender, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun dan 1 sdm perasan jeruk nipis. Saus brokoli ini nantinya bisa Bunda tambahkan ke hasil rebusan pasta dan taburkan keju parut di atasnya. Jadi deh, satu porsi pasta brokoli hijau. 

6. Sup Krim Kentang

Dibandingkan nasi atau pasta, kentang adalah sumber karbohidrat dan serat yang mengenyangkan dan tinggi vitamin B dan vitamin C, serta kandungan folat yang baik untuk pembentukan sel darah merah. 

Untuk membuat sup krim kentang yang cocok untuk anak dengan alergi kacang-kacangan, Bunda perlu 50 gram mentega, sedikit bawang bombai, 1 liter kaldu dan 125 ml krim, dan 2 butir kentang berukuran sedang yang sudah dipotong kecil-kecil. Awali dengan menumis bawang bombai dengan mentega, lalu tambahkan bahan sisanya dan masak sekitar 10-12 menit. 

7. Popcorn

Untuk camilan sehat buah hati, Bunda bisa memberikan popcorn buatan sendiri yang lezat. Sebagai camilan, popcorn termasuk gandum utuh rendah kalori dan menjadi sumber serat dan antioksidan yang baik. Hindari memberikan terlalu banyak garam atau mentega pada sajian popcorn untuk buah hati ya, Bun, supaya manfaat kesehatannya tetap terjaga. 

Sebagai informasi, kacang-kacangan dapat tertulis juga dengan nama yang berbeda pada tabel komposisi dengan nama seperti: minyak arachic, nutmeg, nougat, almond, walnut, dan pecan. Walau sudah banyak produsen yang memberikan keterangan ada tidaknya kandungan kacang-kacangan pada label produknya, tidak ada salahnya Bunda juga mencermati komposisi pada kemasan produk, terutama produk yang baru ingin dicoba. Lebih baik mencegah daripada mengobati ya, Bun.

ARTIKEL TERKINI

Mengatasi Alergi Debu
Kenali Alergi
Mengatasi Alergi Debu

Alergi debu dapat menjadi sumber frustasi bagi orang tua. Debu terdapat di mana-mana sehingga...

Gejala Alergi Susu Sapi yang Perlu Bunda Waspadai
CMPA
Gejala Alergi Susu Sapi yang Perlu...

Tidak mudah mendeteksi apakah buah hati mengalami alergi susu sapi atau tidak.

Bedanya Alergi Susu dengan Intoleransi Laktosa
CMPA
Bedanya Alergi Susu dengan Intoleransi...

Walaupun keduanya sama-sama harus menghindarkan produk susu sapi, alergi susu sapi dan intoleransi...

Mengenal Nutrisi Alternatif untuk Anak dengan Alergi Protein Susu Sapi
Kenali Alergi
Mengenal Nutrisi Alternatif untuk Anak...

Alergi makanan sering terjadi pada anak di awal kehidupannya, salah satunya adalah alergi susu sapi.