10 Makanan Pemicu Alergi Anak

Oleh Anisa Rahmadani | 21 Mar 2019
10 Makanan Pemicu Alergi Anak

Cara paling bijak mengatasi alergi makanan pada anak adalah dengan lebih dulu tahu pencetus gejalanya.

Pernahkah buah hati Bunda mengeluhkan mata berair, kemerahan pada kulit, tenggorokan gatal, pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, sesak, ataupun pilek setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu? Jika demikian, mungkin saja buah hati Bunda mengalami alergi.

Menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology, makanan yang paling umum memicu alergi pada anak-anak adalah kacang dan susu. Bagaimana dengan di Indonesia? Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di RSCM pada 2007, jenis makanan yang banyak menimbulkan alergi pada anak, susu sapi, dan tepung terigu. Jenis makanan lainnya yang umumnya merupakan alergen bagi anak-anak seperti:

  1. Tomat
    Mungkin masih banyak orang tidak tahu tomat bisa jadi pencetus alergi. Alergi terhadap tomat jarang terjadi dan penyebabnya bisa ada pada biji dan kulitnya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebanyak 5,9% anak yang sensitive terhadap allergen tomat.

  2. Cokelat
    Protein yang terdapat pada coklat dapat menimbulkan reaksi imun. Menurut data penelitian, ditemukan sekitar 2,9% anak sensitif terhadap alergen cokelat.

  3. Kacang Kedelai (Soya)
    Protein dalam kedelai juga dapat menyebabkan alergi. Anak yang sensitif terhadap alergen soya dijumpai sebanyak 7,4%.

  4. Tepung Terigu
    Tepung terigu yang terbuat dari gandum ternyata dapat memicu gejala alergi anak. Menurut data yang diperoleh, sekitar 10,3% anak sensitif terhadap alergen tepung terigu.

  5. Kuning Telur
    Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali anak-anak. Telur terdiri atas putih dan kuning telur. Kuning telur banyak mengandung lemak sedangkan putih telur banyak mengandung protein. Penyebab alergi makanan adalah protein yang ada di dalam telur. Karena itu, kuning telur kurang bersifat alergenik dibandingkan bagian putihnya. Terdapat sekitar 8,8% anak yang sensitif terhadap alergen kuning telur.

  6. Putih Telur
    Konsumsi putih telur dapat memicu reaksi alergi pada 8,8% anak yang datanya diikutsertakan dalam penelitian.

  7. Daging Ayam
    Daging ayam juga termasuk makanan kesukaan anak-anak. Namun, ada sebagian kecil anak sekitar 7,4% yang alergi terhadap daging ayam.

  8. Tuna
    Salah satu jenis ikan yang dapat menyebabkan alergi adalah tuna. Penelitian menyebutkan terdapat sekitar 4,4% anak yang sensitif terhadap alergen tuna.

  9. Kerang (oyster)
    Jumlah anak yang tidak bisa menikmati daging kerang karena alergi sebanyak 8,8%.

  10. Susu Sapi
    Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi baik dalam bentuk susu murni atau bentuk lain seperti es krim, keju, dan kue. Pada umumnya produk olahan susu jauh lebih digemari oleh anak dibandingkan susu itu sendiri. Dalam penelitian ini diperoleh data bahwa 10,3% anak sensitif terhadap alergen susu sapi (positif).

Agar reaksi alergi tidak terjadi dan mengganggu keceriaan buah hati, Bunda harus #TanggapAlergi dengan 3K. Kenali, Konsultasikan, dan Kendalikan adalah tiga langkah awal untuk menangani alergi. Kenali alergi makanan yang dimiliki buah hati beserta gejala dan penyebabnya. Lalu, Konsultasikan dengan dokter tentang gejala alergi yang dialami buah hati sehingga dokter bisa memberikan penanganan tepat. Terakhir, Kendalikan alergi buah hati dengan cara menghindarkan anak dari makanan-makanan yang mengakibatkan alergi. Jadi, pastikan buah hati #TetapCeria karena Bunda #TanggapAlergi.

Source:
1. Children & Allergies (2011), American College of Allergy, Asthma & Immunology.
2. Gambaran Sensitivitas Terhadap Alergen Makanan (2011). MAKARA, KESEHATAN, VOL. 15, NO. 1, JUNI 2011: 44-50

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERKINI

Keunggulan Formula Soya
Kenali Alergi
Keunggulan Formula Soya

Apakah Bunda atau Ayah memiliki alergi terhadap susu sapi? Alergi pada susu sapi merupakan salah...

Atasi Alergi Sejak Dini dengan 3K (Kenali, Konsultasikan, Kendalikan)
Kenali Alergi
Atasi Alergi Sejak Dini dengan 3K...

Terdapat banyak sekali jenis alergi yang dapat terjadi pada anak-anak. Data dari World Allergy...

Anak Bersin Pagi Hari, Apakah Tanda Alergi?
Kenali Alergi
Anak Bersin Pagi Hari, Apakah Tanda...

Apakah Bunda sering melihat buah hati bersin-bersin saat pagi hari? Bersin yang berlangsung terus...

Deteksi Dini Alergi Pada Anak
Kenali Alergi
Deteksi Dini Alergi Pada Anak

Deteksi dini gejala alergi bisa membantu orangtua memelihara kesehatan anak secara lebih optimal....

testaje