Formula Soya sebagai Alternatif bagi Anak dengan Alergi Protein Susu

Oleh Anisa Rahmadani | 04 Apr 2019
Formula Soya sebagai Alternatif bagi Anak dengan Alergi Protein Susu

Susu Formula Soya

Kalau buah hati Bunda menderita alergi susu sapi, formula soya bisa dipilih sebagai alternatif pengganti. Kandungan nutrisi dalam susu formula soya atau kedelai memang tidak jauh berbeda. Formula soya lebih rendah lemak dan kandungan proteinnya tidak jauh berbeda dengan susu sapi. Keunggulan lain formula soya bukan hanya dari jumlah protein yang terkandung di dalam formula soya, melainkan juga dari segi kualitas protein tersebut.

Selain itu, formula soya dipercaya memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Dengan kandungan serat tinggi, formula soya tentu sangat baik untuk pencernaan buah hati.

Bukan Hanya untuk Alergi

Jika Bunda memutuskan memberikan formula soya sebagai asupan pelengkap nutrisi, pastikan buah hati tidak memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan. Jika buah hati tidak alergi susu sapi maupun kacang-kacangan, tidak ada salahnya Bunda memberikan formula soya.

Di dalam Dietary Guidelines for Americans disebutkan kedelai merupakan sumber nutrisi yang bagus untuk menunjang kesehatan tulang. Konsentrasi kalsiumnya memang lebih rendah dibandingkan susu sapi. Meski demikian, produk susu kedelai dengan pengayaan kalsium mengandung manfaat yang sama besarnya dengan susu sapi.

Memilih Formula Soya untuk Buah Hati

Susu kedelai pada dasarnya sudah mengandung banyak nutrisi. Namun, formula soya yang diberikan untuk buah hati bukan merupakan susu kedelai murni. Susu yang dapat Bunda berikan pada buah hati adalah susu formula soya yang memang diformulasikan untuk menunjang pertumbuhannya.

Opsi yang bisa diberikan kepada buah hati adalah susu kedelai dengan formula yang sudah diperkaya nutrisinya. Dengan kata lain, Bunda sebaiknya memilih susu formula berbasis kedelai yang sudah diperkaya asam amino, vitamin, mineral, dan lemak yang dibutuhkan untuk masa pertumbuhan buah hati.

Sebagai opsi untuk memperkaya asupan nutrisi buah hati, susu berbasis kedelai baik untuk dijadikan alternatif pilihan selain susu sapi. Selalu berikan yang terbaik untuk buah hati ya, Bun. Jangan lupa konsultasikan kepada dokter anak untuk pemilihan formula soya terbaik bagi buah hati.

ARTIKEL TERKINI

Formula Soya sebagai Alternatif bagi Anak dengan Alergi Protein Susu
CMPA
Formula Soya sebagai Alternatif bagi...

Susu formula kedelai merupakan salah satu alternatif susu yang paling digemari. Harganya yang...

Apakah Alergi Pada Anak Diturunkan dari Orang Tua?
Kenali Alergi
Apakah Alergi Pada Anak Diturunkan dari...

Apakah Bunda atau Ayah memiliki alergi dan khawatir anak akan mengalami hal yang sama? Beberapa...

Hal yang Kerap Sebabkan Biduran
Kenali Alergi
Hal yang Kerap Sebabkan Biduran

Biduran kerap dikenal sebagai kaligata/urtikaria, adalah kondisi kulit dengan ruam merah dan gatal....

Memperkenalkan MP-ASI pada si Kecil dengan Risiko Alergi
Kenali Alergi
Memperkenalkan MP-ASI pada si Kecil...

Secara definisi, Si Kecil yang berisiko tinggi alergi adalah Si Kecil dengan orang tua, kakak, atau...

testaje