Bagaimana Membedakan Flu dengan Rinitis Alergi

Oleh Anisa Rahmadani | 20 Mar 2019
Bagaimana Membedakan Flu dengan Rinitis Alergi

Bunda mungkin belum dapat membedakan flu dengan reaksi rinitis alergi. Gejala seperti flu bisa jadi adalah rinitis alergi alias radang akibat reaksi alergi, atau sebaliknya. Akibatnya, bunda bisa saja memberikan penanganan yang ternyata tidak efektif.

Jadi jika buah hati sudah mulai lemas, bersin, hidung meler coba perhatikan lebih lanjut lagi perbedaan antara flu dan rinitis alergi.

Flu vs Rinitis Alergi

Flu dan rinitis alergi sama-sama mempengaruhi sistem pernapasan tubuh manusia. Gejala umum yang sering terjadi adalah kesulitan bernapas. Ini juga yang mempersulit untuk mengetahui perbedaan antara flu dan rinitis alergi.

Penyebab flu adalah jenis virus yang berbeda-beda. Di sisi lain, pemicu alergi pernapasan bukan disebabkan virus, melainkan reaksi faktor tertentu misalnya, debu, serbuk sari, alergi dari hewan, asma, atau sinus. Kemiripan ciri-ciri gejala flu dan alergi antara lain:

  • Hidung berair
  • Bersin-bersin
  • Batuk
  • Badan terasa lelah
  • Sakit tenggorokan

Berikut lima cara membedakan flu dan rinitis alergi:

  1. Penyebab Flu dan Rinitis Alergi

Flu disebabkan oleh infeksi virus influenza, sedangkan rinitis alergi disebabkan oleh reaksi alergi karena pajanan alergen.

  1. Durasi

Flu umumnya berlangsung selama 3-14 hari, sedangkan alergi bisa saja bersifat harian hingga menahun. Sepanjang anak terpapar pemicu reaksi alergi pernapasan, potensi rinitis juga akan muncul mengganggu aktivitasnya.

  1. Masa Terjangkit

Walaupun tidak mutlak, anak yang menderita flu sering terserang virus influenza pada masa-masa tertentu, misalnya musim pancaroba, musim flu, atau terpapar dari anak lain yang sedang menderita flu.

Rinitis alergi tidak mengenal musim-musim tertentu, misalnya alergi debu pada rumah yang tidak dibersihkan, baru kembali dari bermain dari luar rumah, bersinggungan dengan hewan peliharaan, dan sejenisnya.

  1. Perbedaan Gejala

Beberapa perbedaan gejala flu vs rinitis alergi yang mencolok antara lain :

Gejala Flu Alergi
Batuk Sering Kadang
Disertai nyeri/Ngilu Badan Kadang-kadang Kadang-kadang
Lelah/letih Kadang-kadang Kadang-kadang
Demam Sesekali Tidak
Mata berair Jarang Sering
Sakit Kerongkongan Sering Kadang-kadang
Hidung berair Sering Sering

 

  1. Kemungkinan Tertular & Penyembuhan

Penyebab flu adalah virus sehingga potensi penularan sangat tinggi. Pada rinitis alergi, kondisi alergi pernapasan bersifat individu dan tidak memiliki potensi untuk menular sama sekali.

Dari segi penyembuhan, flu ringan bisa sembuh tanpa perawatan serius, misalnya dengan memperbanyak istirahat, minum banyak air putih, atau pemberian obat pereda rasa sakit atau demam seperti Acetaminophen atau Ibuprofen. Pada rinitis alergi, penyembuhan bisa dilakukan dengan menghindari alergen, pemberian antihistamin atau dekongestan, dan bisa diikuti dengan terapi khusus alergi sesuai rekomendasi dokter.

Bunda sebaiknya  berkonsultasi dengan dokter anak untuk memastikan yang diderita buah hati adalah gejala flu atau gejala rinitis alergi dan mengetahui penanganan yang tepat.

Bunda dapat mencegah timbulnya gejala flu pada anak dengan menganjurkan mencuci tangan, menjaga kesehatan tubuh, dan menjauhi kontak dengan orang lain yang terkena flu. Pencegahan alergi pernafasan pada anak bisa dilakukan dengan cara menandai alergen atau pemicu dan menjauhinya.

ARTIKEL TERKINI

Bagaimana Membedakan Flu dengan Rinitis Alergi
Kenali Alergi
Bagaimana Membedakan Flu dengan Rinitis...

Bunda mungkin belum dapat membedakan flu dengan reaksi rinitis alergi. Gejala seperti flu bisa jadi...

Deteksi Dini Alergi Pada Anak
Kenali Alergi
Deteksi Dini Alergi Pada Anak

Deteksi dini gejala alergi bisa membantu orangtua memelihara kesehatan anak secara lebih optimal....

Tes Alergi Bagi Anak Anda
Kenali Alergi
Tes Alergi Bagi Anak Anda

Tes alergi adalah tes untuk mengetahui apakah anak alergi dan/atau mengetahui jenis zat yang...

Reaksi Alergi pada Kulit
Kenali Alergi
Reaksi Alergi pada Kulit

Alergi pada kulit merupakan kondisi reaksi sistem imun berlebihan terhadap alergen. Alergi dapat...

testaje