Facebook Pixel Code Mengenal IgE dan Kaitannya dengan Reaksi Alergi

Apa Itu IgE?

Apa Itu IgE?

Apakah Bunda pernah mendengar istilah IgE? IgE adalah Imunoglobulin E atau faktor yang berperan dalam mekanisme alergi. Zat asing yang masuk ke dalam tubuh jika menempel pada sel mast akan ditangkap oleh IgE dan menyebabkan keluarnya zat yang disebut histamin. Zat inilah yang kemudian menyebabkan reaksi alergi. Namun, alergi baru muncul jika terjadi kontak dengan IgE secara berkala, jadi reaksi alergi ini tidak akan terjadi jika baru pertama kali terpajan pada zat tertentu.

Baca Juga: Kandungan Isolat Protein Soya dalam SGM Eksplor Soya

Ada berbagai bentuk dari gejala alergi sangat beragam, tergantung dari organ tubuh yang bereaksi, misalnya berupa:

  • Gatal-gatal dan kemerahan di kulit
  • Diare dan muntah bila terjadi pada saluran cerna
  • Batuk dan pilek bila terjadi pada saluran pernapasan


Reaksi alergi dapat berkisar dari ringan, berat, bahkan sampai mengancam jiwa. Kewaspadaan Bunda sangat diperlukan dalam mengawasi munculnya gejala alergi ini sehingga dapat diantisipasi dengan cepat. Orang tua dengan anak yang memiliki potensi alergi diharapkan untuk belajar bagaimana pertolongan pertama jika terjadi gejala alergi pada buah hati sehingga reaksi yang lebih parah dapat dikurangi risikonya.

Untuk deteksi alergi pada buah hati, Bunda dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk tindakan pencegahan atau pengobatan. Tidak dianjurkan memberikan obat alergi secara bebas tanpa rekomendasi dokter.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline