Facebook Pixel Code Membahas Beragam Kandungan Formula SGM Eksplor Advance+ Soya 1-5 Tahun

Kebaikan Kandungan Formula SGM Eksplor Advance+ Soya untuk si Kecil yang Alergi Susu Sapi

Kebaikan Kandungan Formula SGM Eksplor Advance+ Soya untuk si Kecil yang Alergi Susu Sapi

Demi mendukung tumbuh kembang anak yang optimal diperlukan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. Bunda dapat mengandalkan susu pertumbuhan sebagai salah satu sumber untuk bantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Namun, tidak semua anak dapat mengonsumsi susu pertumbuhan yang sama, misalnya anak yang memiliki alergi susu sapi. Formula pertumbuhan  berbasis protein soya seperti SGM Eksplor Advance+ Soya 1-5 tahun dapat menjadi salah satu pilihannya. Mengapa demikian? Mari kenali berbagai kandungan dan manfaatnya ya, Bun.

Mengulik kandungan nutrisi dalam SGM Eksplor Advance+ Soya 1-5 tahun

Formula pertumbuhan soya dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak selain dari makanannya sehari-hari. Pastikan Bunda memilih formula pertumbuhan soya yang tepat.

SGM Eksplor Advance+ Soya untuk anak 1 hingga 5 tahun diformulasikan untuk bantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian si Kecil yang alergi susu sapi. Kandungan yang terdapat di dalamnya antara lain:

Isolat Protein Soya Berkualitas

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan anak setiap hari. Sebagian besar susu pertumbuhan memang mengandung protein. Namun, apabila anak memiliki kondisi medis seperti alergi susu sapi atau intoleransi laktosa maka Bunda tidak boleh sembarangan memilih susu pertumbuhan termasuk yang berbasis protein sapi.

SGM Eksplor Advance+ Soya untuk anak usia 1-5 tahun tentu memiliki jenis yang berbeda karena berasal dari protein nabati. Oleh karena itu, formula pertumbuhan soya  ini bebas protein hewani dan laktosa (jenis gula yang terdapat pada susu sapi).

Berdasarkan kajian dari Universitas Indonesia tahun 2020, formula pertumbuhan  dengan isolat protein soya memiliki kandungan protein minimal 90% sehingga tidak ada bedanya dengan protein pada susu sapi.

Selain itu, formula pertumbuhan dengan isolat protein soya mudah dicerna dalam tubuh anak dan dinyatakan memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan jenis susu dengan sumber protein nabati lainnya.

Asam Lemak Omega-3 dan 6

Bunda perlu mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil dengan asupan asam lemak esensial. Oleh karena itu, formula pertumbuhan yang mengandung Omega-3 dan 6 perlu dipertimbangkan.

Sebuah jurnal yang diterbitkan Journal of Nutrition & Food Sciences menganalisis 29 studi yang meneliti tentang asam lemak Omega-3 dan 6. Hasilnya, enam penelitian menunjukkan bahwa Omega-3 dan 6 dapat mendukung kemampuan anak dalam belajar, yaitu meningkatkan kemampuan membaca, mengeja, atensi (perhatian) dan berpengaruh juga dengan perilaku, yaitu mengurangi hiperaktivitas dan agresivitas.

AKG 2019 merekomendasikan untuk anak mendapat asupan asam lemak esensial Omega-3 untuk usia 1-3 tahun sebanyak 0.7 g dan 7 gram Omega-6. Untuk usia 4-6 tahun, masing-masing sebanyak 0.9 gram dan 10 gram per hari.

Beragam Vitamin dan Mineral

Formula  pertumbuhan SGM Eksplor Advance+ Soya telah melalui proses fortifikasi atau penambahan nutrisi sehingga mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan si Kecil.

Kandungan vitamin yang dimaksud antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan kelompok vitamin B termasuk B12. Kandungan mineral terdiri dari kalsium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, dan beberapa lainnya.

Mengenai manfaatnya, mari kita ambil contoh vitamin D. Berdasarkan NHS.uk, Vitamin D hanya ditemukan pada makanan tertentu, seperti ikan dan telur. Sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari yang diserap melalui kulit. Namun, Bunda perlu berhati-hati ketika ingin berjemur dan jangan terlalu lama, karena dapat menyebabkan kemerahan pada kulit anak. 

Serat

Kelebihan lain dari formula pertumbuhan berbasis soya adalah kandungan serat di dalamnya. Setiap harinya, si Kecil membutuhkan asupan serat yang cukup untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

AKG (Angka Kecukupan Gizi) 2019 yang diterbitkan Menkes RI menyatakan bahwa kebutuhan serat per hari anak yaitu 19 gram untuk usia 1-3 tahun dan 20 gram untuk 4-6 tahun.

Fomula  pertumbuhan SGM Eksplor Advance+ Soya 1-5 tahun dapat menjadi pilihan alternatif sumber nutrisi bagi si Kecil. Selain itu, formula pertumbuhan berbasis soya juga dapat menjadi solusi bagi anak yang memiliki alergi susu sapi dan intoleransi laktosa.

 

Referensi:

  1. Bardosono, S., & Sunardi, D. (2020). Soy Plant-based Formula with Fiber: From Protein Source to Functional Food. World Nutrition Journal, 4(1), 18. https://doi.org/10.25220/wnj.v04.s1.0004
  2. NHS Choices. (2019). Vitamins for children  - Your pregnancy and baby guide. Retrieved June 24, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/vitamins-for-children/
  3. Kirby, A., & Derbyshire, E. (2018). Omega-3/6 Fatty Acids and Learning in Children and Young People: A Review of Randomised Controlled Trials Published in the Last 5 Years. Journal of Nutrition & Food Sciences, 08(02). https://doi.org/10.4172/2155-9600.1000670
  4. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28. (2019). ANGKA KECUKUPAN GIZI YANG DIANJURKAN UNTUK MASYARAKAT INDONESIA. Retrieved June 24, 2020, from http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No_28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline