Facebook Pixel Code Apakah Mungkin Penyakit Alergi pada Anak Bisa Sembuh Total?

Mungkinkah Alergi Disembuhkan?

Mungkinkah Alergi Disembuhkan?


Tahukah Bunda alergi susu sapi dapat hilang seiring bertambahnya usia? Bishop JM, Hill DJ, Hosking CS (1990) Natural history of cow milk allergy: clinical outcome J Pediatr116(6):862-7 menyatakan, anak dengan alergi susu sapi kemungkinan dapat "sembuh" pada:

  • 28% di usia 2 tahun
  • 56% di usia 4 tahun
  • 78% di usia 6 tahun

Sebenarnya perkataan "sembuh" dari alergi tidak terlalu tepat karena gejala alergi sebagian besar disebabkan atopi (bakat alergi). Jadi, sebagian reaksi alergi memang akan menetap seumur hidup anak. Namun, dalam beberapa kasus buah hati yang alergi makan tertentu pada masa bayinya bisa jadi tidak lagi alergi terhadap makanan tersebut saat ia dewasa.

Karena itu, jika Bunda dan pasangan adalah atopi atau menderita alergi, sebaiknya konsultasikan kondisi buah hati dengan dokter spesialis anak untuk dilakukan tes alergi. Penting bagi para orang tua untuk mengetahui apa-apa saja pemicu (alergen) yang dapat membuat anak alergi agar dapat menghindarinya. Selain itu, orang tua juga dapat mengantisipasi tindakan apa saja yang perlu dilakukan kala anak mengalami gejala alergi, baik ringan maupun berat.

Artikel Terpopuler

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut

call center bebeclub
foto careline