Facebook Pixel Code 4 Hal yang Harus Dilakukan Agar Si Kecil Siap Masuk TK

Agar Si Kecil Siap Masuk Tk

Agar Si Kecil Siap Masuk Tk

Agar Si Kecil Siap Masuk Tk

Bunda apakah si Kecil sudah siap sekolah? Hari pertama sekolah si Kecil adalah tahap kehidupan baru yang sangat penting. Berikut adalah 4 hal yang Bunda perlu lakukan agar si Kecil siap dan semangat sekolah:

1. Perkenalkan sekolah kepada si Kecil sebelum hari pertama sekolah

Supaya si Kecil lebih percaya diri saat memasuki lingkungan baru, ajarkan seluk beluk sekolah tersebut dengan mengunjungi lingkugan sekolahnya. Ajak si Kecil mengitari ruang kelas, halaman sekolah, kamar kecil, hingga tempat bermain dengan teman-temannya. Hal ini akan mempermudah si Kecil untuk bisa lebih mudah dan cepat terbiasa dengan lingkungan yang baru. Juga pada saat berkunjung, perkenalkan si Kecil dengan calon gurunya. Ketika anak melihat calon gurunya adalah sosok yang ramah dan baik, ini akan mempermudah si Kecil untuk beradaptasi dan siap sekolah.

2. Libatkan si Kecil menentukan peralatan sekolah

Melibatkan si Kecil dalam menentukan peralatan sekolah yang perlu ia bawa penting agar si Kecil lebih nyaman dan semangat sekolah. Bunda bisa mengajaknya berbelanja bersama di toko-toko terdekat. Ada beberapa peralatan esensial yang perlu dibawa si Kecil yaitu:

  • Tas Sekolah
  • Kotak pensil berisi pensil, penghapus, rautan, dan penggaris
  • 1 set pensil mewarnai
  • Buku tulis (sesuai peraturan sekolah)
  • Buku pelajaran (jikga sudah didapatkan sebelum bersekolah)
  • Botol minum
  • Kotak makan

Untuk memupuk kemandirian dan rasa tanggung jawab si Kecil, berikan juga label nama di perlatan sekolahnya supaya tidak tertukar dan hilang.

 3. Ajarkan si Kecil rasa tanggung jawab

Si Kecil akan berinteraksi dengan guru dan teman sekolahnya. Maka sangat penting untuk si Kecil mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Untuk membiasakan si Kecil, Bunda bisa membiasakannya bertanggung jawab dengan cara-cara sederhana. Misalnya dengan meminta si Kecil merapikan mainannya setelah ia selesai bermain. Atau dengan Bunda menjadi contoh dan panutan bagi si Kecil, misalnya dengan mengucapkan maaf atau mengembalikan barang yang tidak sengaja terjatuh saat sedang berbelanja di supermarket bersama si Kecil.

4. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak

Fakta yang dimuat dari British Journal of Nutrition, Kompas, Tribunnews, dan Alodokter, 8 dari 10 anak usia sekolah (4-12 tahun) di Indonesia kurang mengkonsumsi Omega 3 dalam jumlah yg cukup. Kekurangan nutrisi esensial ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan tingkat kecerdasan yang rendah. Omega 3 memang memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan otak anak. Cara untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan memastikan anak mengonsumsi makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang sesuai dengan kebutuhan mereka..

Berikan si Kecil makanan yang mengandung Omega 3 seperti ikan salmon, makarel/kembung, tuna, , atau ikanteri . Selain itu, nutrisi penting ini juga terdapat dalam kacang-kacangan seperti, chia seed, biji rami, kacang kenari, atau kedelai (TKPI dan USDA 2018). Bunda dapat juga bantu lengkapi nutrisi si Kecil dengan susu yang mengandung Minyak Ikan dan Omega 3 seperti SGM Eksplor 3 Plus. Berikan susu SGM Eksplor 3 Plus 2x sehari, di pagi hari & di malam hari, untuk dukung prestasinya di sekolah.

Bunda, sudah tahukan 4 Hal Yang Perlu Dilakukan Agar Si Kecil Siap Masuk TK. Yuk pastikan si Kecil siap dan semangat sekolah dengan melakukan semua hal di atas. Dukung si Kecil jadi Anak Generasi Maju!

Artikel Lainnya di Tahapan Anak 3 - 5 tahun

Mempersiapkan Si Kecil Masuk Lingkungan ...

Memasuki usia sekolah adalah momen penting bagi Bunda dan anak.

Rahasia Si Kecil Berprestasi Di ...

Prestasi si Kecil di sekolah tidak terlepas dari dukungan dan peran orang tua di rumah.

Nutrisi Bagi 33Juta Anak Penerus ...

Jakarta - Komitmen dan dukungan kolektif masyarakat untuk memenuhi asupan nutrisi bagi anak sejak...

Masa Depan Ditangan 33 Juta Anak ...

Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia 2017 pada Riset Data dan Informasi Kementerian Kesehatan...

Fondasi Kuat Untuk Wujudkan Kemajuan ...

Indonesia sebagai negara berkembang tentu memiliki target untuk menjadi negara maju pada tahun...

Buah Hati Rajin Belajar Dengan ...

Melihat anak rajin belajar akan menjadi kebanggaan tersendiri buat Bunda. Tidak jarang Bunda pun...


Artikel Terpopuler

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

3 Jenis Gejala Alergi Pada ...

Baca Selengkapnya >

Periode Emas Pertumbuhan Anak ...

Baca Selengkapnya >

Mencuci Tangan Yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut