Beberapa Penyebab ASI tidak keluar, Bisa Diatasi Dengan Tepat

6 Penyebab ASI Kurang Lancar

6 Penyebab ASI Kurang Lancar

Tidak sedikit Bunda yang mengalami masalah menyusui ketika masa-masa awal pasca-kelahiran buah hati. Ini pula yang menjadi alasan buah hati tidak mendapat ASI eksklusif dalam 6 bulan pertama masa hidupnya. Padahal, air ASI berpengaruh besar untuk perkembangan otak dan kesehatan buah hati Bunda. Ketika ASI tidak keluar, jangan langsung memutuskan untuk menghentikan asupan ASI bagi buah hati. Lebih baik cari tahu penyebab ASI tidak lancar agar bisa diatasi dengan cara tepat. Beberapa penyebab ASI tidak keluar mungkin gaya hidup yang tidak disadari Bunda. Yuk, cek ulasannya berikut ini.

1.   Diet Ketat

Setelah hamil dan melahirkan, bentuk tubuh pasti berubah. Bunda mungkin ingin segera mendapatkan bentuk tubuh yang ideal kembali. Diet ketat pun menjadi pilihan untuk tujuan tersebut. Hanya saja, sebaiknya diet ketat tidak dilakukan selama Bunda masih menyusui.

Diet yang terlalu ketat akan mengganggu nutrisi yang masuk ke tubuh Bunda. Pada akhirnya, ini membuat ASI tidak keluar atau produksinya kurang lancar. Bahkan sangat mungkin, kandungan ASI Bunda tidak mengandung nutrisi tepat yang dibutuhkan buah hati.

2.   Kurang Minum

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab ASI tidak lancar. Menyusui adalah masa Bunda akan mengeluarkan cairan berlebih. Karena itu, menjaga asupan minuman sangat penting agar Bunda tidak mengalami dehidrasi. Jika Bunda kurang minum, dehidrasi sangat mungkin terjadi. Lebih parahnya jika sudah demikian, bisa saja ASI tidak keluar. Yuk, biasakan minum air lebih banyak selama menyusui bayi Bunda.

3.   Konsumsi Obat Tertentu

Jenis obat tertentu ternyata bisa mengganggu produksi ASI Bunda. Karena itu, dianjurkan untuk menghindari meminum obat-obatan selama masa awal menyusui jika ingin ASI lancar. Beberapa yang kerap menjadi penyebab ASI tidak keluar adalah jenis obat alergi maupun flu. Nah, Bunda perlu mewaspadainya karena jenis-jenis obatan tersebut sangat mungkin Bunda konsumsi jika sedang merasa tidak enak badan. Apalagi, obat alergi ataupun obat flu dijual bebas di pasaran sehingga sangat mudah didapatkan.

4.   Terlalu Banyak Menyantap Rempah-rempah

Tidak semua rempah-rempah bagus untuk ibu menyusui loh, Bun. Soalnya ada beberapa jenis rempah yang justru jadi penyebab ASI tidak lancar. Beberapa contohnya adalah oregano, peterseli, hingga perasan lemon yang bisa menurunkan suplai ASI.

Jadi ketika ASI Bunda tidak lancar, coba cek kembali asupan rempah-rempah tersebut. Cobalah mengurangi penggunaan beberapa jenis rempah tersebut ke dalam makanan sampai produksi ASI Bunda kembali normal.

5.   Penggunaan Pil atau Suntikan KB

Pil atau suntikan KB ternyata bisa sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Jenis alat kontrasepsi ini bisa mengganggu hormon Bunda yang akhirnya membuat produksi ASI kurang lancar. Disarankan untuk tidak lebih dulu menggunakan pil atau suntikan KB setidaknya selama 4 bulan menyusui. Jika ASI sudah lancar, Bunda bisa mencobalah menggunakannya kembali. Jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter, ya.

6.   Tidak Menyusui Malam Hari

ASI tidak keluar? Coba diingat-ingat, selama ini kebiasaan menyusui buah hati hanya Bunda lakukan ketika siang hari atau juga dilakukan saat malam hari? Faktanya, ketika Bunda jarang menyusui malam hari, produksi ASI cenderung turun. Karena itu, sangat penting menyusui bayi malam hari untuk terus memacu produksi ASI.

Penyebab lancarnya ASI pada malam hari adalah tingkat hormon prolactin yang memicu payudara membuat susu lebih tinggi saat malam. Jika menyusui tidak dilakukan, prolactin ini akan mengendap dan justru membuat produksi susu menjadi terhambat setelahnya.

Artikel Lainnya di Tahapan Kehamilan & Menyusui Menyusui

Nutrisi dalam ASI yang Penting ...

Para pakar dan ahli kesehatan, juga American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan ASI...

Sumber Makanan untuk Dukung Kecerdasan ...

Tidak bisa dimungkiri, ASI adalah sumber makanan dengan manfaat kesehatan terbesar untuk buah hati.

Pentingnya Hormon Prolaktin dalam Masa ...

Tubuh manusia memproduksi berbagai macam hormon, salah satunya adalah hormon prolaktin. Prolaktin...

Manfaat ASI bagi Perkembangan Kecerdasan ...

Pemberian ASI eksklusif memiliki peran yang sangat besar dalam tumbuh kembang buah hati. Hal ini...

Kelebihan ASI untuk Bayi pada 1000 ...

Tentu Bunda sudah mulai menjaga kesehatan buah hati sejak masa kehamilan dari konsumsi makanan yang...

Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Bunda

Selama 6 bulan, Bunda sangat dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati. Ini...

Artikel Terpopuler

Bun, Lakukan Hal Ini ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin & Nutrisi Pelengkap ...

Baca Selengkapnya >

Kebutuhan Gizi untuk Optimalkan ...

Baca Selengkapnya >

Lancar Persalinan Normal dengan 10 ...

Baca Selengkapnya >

6 Cara Efektif Memperlancar ASI

Baca Selengkapnya >