Facebook Pixel Code 7 Manfaat Omega 3 untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

7 Manfaat Omega 3 untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

7 Manfaat Omega 3 untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

7 Manfaat Omega 3 untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

7 Manfaat Omega 3 untuk Tumbuh Kembang Anak yang Optimal


Tiga tahun pertama usia anak adalah adalah periode paling penting dalam tumbuh kembangnya. Tak hanya fisiknya saja yang bertumbuh besar, pada masa ini si Kecil juga mengalami perkembangan otak yang pesat. Jadi, sebagai cara untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal, Bunda perlu mencukupi kebutuhan nutrisinya dari makanan yang mengandung omega 3. 

Pasalnya, kekurangan DHA menjadi salah satu perhatian khusus terkait masalah gizi anak Indonesia. Hasil penelitian British Journal of Nutrition tahun 2016 bahkan sempat melaporkan bahwa 8 dari 10 anak Indonesia yang berusia di bawah 12 tahun masih kekurangan asupan omega-3. Padahal, di rentang usia inilah anak justru paling membutuhkan fungsi otaknya berjalan seoptimal mungkin supaya bisa siap belajar di sekolah.

Memangnya, apa manfaat omega 3 untuk anak dan dari mana saja Bunda bisa mendapatkan makanan tinggi omega 3?

Apa itu Omega 3?

Asam lemak omega-3 adalah kelompok asam lemak tak jenuh yang tergolong sebagai lemak menyehatkan. Adapun asam lemak esensial yang termasuk dalam kelompok omega-3 adalah  DHA (asam Docosahexaenoic), EPA (asam Eicosapentaenoic), dan ALA (asam alfa-linolenat). 

Penelitian menunjukkan bahwa ketiganya merupakan komponen penting pada membran yang melapisi setiap sel di tubuh manusia, terutama DHA yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf anak di masa awal kehidupan. Omega-3 juga mendukung fungsi jantung, pembuluh darah, paru-paru, daya tahan tubuh, dan jaringan lainnya.

DHA adalah komponen utama dalam pembentukan otak anak terutama dalam awal kehidupannya. Maka dengan adanya DHA, otak bekerja lebih optimal untuk mengirim dan menerima sinyal rangsangan sehingga anak dapat belajar lebih mudah serta menyerap dan menyimpan informasi baru yang ia terima dari mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dengan lebih baik.

Sementara itu, EPA adalah bentuk paling umum dari asam lemak yang disimpan dalam tubuh kita dan akan diubah menjadi DHA saat dibutuhkan. Kemudian, ALA atau asam alfa-linolenat adalah asam lemak yang membantu menjaga kesehatan jantung serta sistem saraf dan otak, juga memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi pembelajaran dan memori.

Apa Manfaat Omega 3 untuk Anak?

Sederhananya, kombinasi DHA, EPA, dan ALA yang tepat dari sumber makanan tinggi omega-3 dapat membantu anak siap belajar dan lebih aktif bersosialisasi di sekolah nanti.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkap seputar manfaat omega-3 untuk anak:

1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Sejumlah studi telah mengungkapkan manfaat omega 3 terhadap perkembangan fungsi otak anak. Omega 3 yang terkandung dalam minyak ikan dinilai dapat memberi pengaruh positif pada fungsi kognitif si Kecil yang meliputi kemampuan belajar, mengingat, berkonsentrasi, dan memecahkan masalah.

Selain itu, sebuah penelitian kecil melaporkan bahwa konsumsi DHA sebanyak 400 sampai 1.200 mg tiap hari meningkatkan aktivitas otak bagian depan yang bertanggung jawab untuk mengatur fungsi perhatian, kontrol impuls, dan perencanaan. 

Para peneliti dari Oxford University juga pernah membuktikan bahwa anak-anak usia prasekolah yang diberi 600 miligram omega-3 setiap hari selama empat bulan berturut-turut cenderung lebih cepat lancar membaca dibandingkan anak yang tidak mendapatkan asupan omega-3. 

2. Memelihara Kesehatan Mata

Omega 3 adalah asam lemak yang menjadi susunan utama retina mata. Maka, tak heran jika DHA sebagai salah satu jenis omega-3 diperlukan untuk mendukung perkembangan indera penglihatan anak.

Di dalam tubuh, asam lemak ini membantu pergantian rhodopsin pigmen retina, yang tugasnya mengubah cahaya yang diterima oleh retina menjadi gambar yang muncul di dalam otak.

Selain itu, omega 3 berperan dalam mendukung ketajaman penglihatan si Kecil agar ia bisa membedakan objek-objek yang ia lihat. 

3. Menjaga Kesehatan Mental Anak

Ternyata, manfaat Omega 3 untuk anak tak hanya berperan dalam perkembangan fungsi kognitif otak yang bertanggung jawab untuk kesiapan anak belajar, lho!

Sejumlah penelitian juga menyatakan bahwa asupan Omega 3 berkaitan erat dengan kesehatan mental anak. Konsumsi omega 3 secara rutin bahkan dinilai dapat mengurangi risiko gangguan belajar seperti ADHD.

Sejumlah penelitian juga melaporkan bahwa kandungan EPA di dalam omega-3 berkaitan dengan kestabilan suasana hati anak. Menariknya lagi, asupan DHA dan EPA dalam rasio yang seimbang juga pernah diteliti terkait dengan penurunan gejala gangguan kecemasan dan rasa malu yang lebih rendah pada anak.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat omega 3 lainnya adalah untuk memelihara kesehatan jantung anak. Jantung yang sehat tentu dapat mendukung anak lebih siap belajar dan aktif bersosialiasi di sekolah.

Bahkan, manfaat mencukupi kebutuhan omega 3 anak sejak kecil juga dapat membantu memlihara kesehatan jantungnya sampai dewasa nanti. Penelitian mengungkap bahwa orang-orang yang mengonsumsi minyak ikan dan omega 3 memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan penyakit jantung koroner.

5. Mengurangi Risiko Asma

Asma menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami anak kecil. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung DHA dan EPA seperti ikan dan minyak ikan dipercaya bisa mengurangi gejala asma dengan mengurangi efek peradangan pada paru-paru dan saluran napas anak.

6. Membantu Anak Tidur Lebih Nyenyak 

Peran Omega-3 untuk kesehatan otak juga berpengaruh pada kemampuan tidur dan kinerja anak-anak. Anak yang memiliki kadar DHA lebih tinggi juga dipercaya memiliki durasi tidur yang sekitar 30 menit lebih lama.

Sangat penting, lho, Bu, untuk anak-anak usia prasekolah bisa tidur cukup dan nyenyak, Bun! Jika anak bisa tidur nyenyak, ini akan sangat berpengaruh baik bagi proses belajarnya di sekolah, lho!

Penelitian menyebutkan bahwa masalah tidur jarang ditemukan pada anak-anak yang memiliki kadar DHA tinggi. Hal ini karena DHA dapat meningkatkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur kapan anak merasakan ngantuk dan ingin tidur.

Jadi kalau si Kecil susah tidur malam, coba bantu dengan mencukupi kebutuhan omega-3nya lewat segelas susu yang terfortifikasi DHA dan omega-3 setiap sebelum tidur.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Agar si Kecil selalu sehat dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, ia perlu memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Nah, salah satu cara untuk memperkuat imun anak adalah dengan memenuhi kebutuhan omega-3nya, Bun.

Baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu merombak membran sel dalam sel-T (sel kekebalan dalam sel darah putih), yang artinya mengonsumsi omega-3 dapat memperkuat sel-sel kekebalan untuk melawan kuman atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh untuk menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Apa Manfaat Utama Kandungan DHA dalam Susu Formula Anak?

Pilihan Makanan yang Tinggi Omega 3 untuk Anak 

Tubuh manusia sebetulnya bisa memproduksi omega-3, termasuk DHA, EPA, dan ALA secara alami. Tapi, jumlahnya sangat sedikit. Jadi, Bunda harus bisa mencukupi kebutuhan omega-3 anak makanan sehari-hari. 

Omega 3 termasuk bagian dari asam lemak yang tidak dapat diproduksi di dalam tubuh, sehingga untuk mencukupinya harus diperoleh dari makanan. Apa saja ya makanan yang mengandung asam lemak omega-3? 

  • Ikan laut seperti ikan salmon, ikan tuna, makarel, ikan sarden. 

  • Lobster, tiram, dan udang.

  • Daging sapi, ayam dan kambing. 

  • Telur omega 3.

  • Produk nabati, seperti  alpukat, bayam, kacang kenari, kacang kedelai, minyak canola, dan walnut.  

Baca Juga: Ingin si Kecil Tumbuh Aktif dan Sehat? Jangan Lupa Asupan Nutrisi Ini!

Selain dari makanan-makanan di atas, manfaat asam lemak omega-3 juga bisa anak dapatkan dari konsumsi susu yang difortifikasi dengan omega-3 serta DHA dan EPA seperti SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx secara rutin, dua kali sehari.

SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx menjadi satu-satunya susu pertumbuhan yang diperkaya minyak ikan tuna dengan kadar omega 3 serta DHA dan EPA yang lebih tinggi daripada minyak ikan cod biasa.

Selain itu, SGM Eksplor juga merupakan satu-satunya susu pertumbuhan anak yang mengandung formula IronC, yaitu kombinasi unik antara zat besi dan vitamin C dengan perbandingan 1:2 untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi penting hingga 2x lipat. Kombinasi IronC juga berperan penting dalam proses daya pikir dan kemampuan belajar anak. 

SGM Eksplor 1 Plus Pro-gress Maxx IronC juga dilengkapi dengan protein, zinc, kalsium, vitamin D, serta nutrisi penting lainnya untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Tertarik ingin mencoba untuk si Kecil di rumah? Yuk, daftarkan diri Bunda di Klub Generasi Maju untuk dapatkan akses ke banyak informasi parenting terbaru serta beragam promo menarik seputar susu SGM. Gratis!

Referensi:

  1. https://core.ac.uk/download/pdf/296442167.pdf    Diakses pada 21 Oktober 2022

  2. https://jurnal.unpad.ac.id/fjcs/article/view/31191/14847  Diakses pada 21 Oktober 2022
     
  3. https://jurnal.poltekkes-kemenkes-bengkulu.ac.id/index.php/jmk/article/download/239/112, Diakses pada 21 Oktober 2022
    ​​​​​​​
  4. http://repository.uki.ac.id/575/1/Peran%20Asam%20Lemak%20Omega3%20dengan%20Perkembangan%20Otak.pdf  Diakses pada 21 Oktober 2022
     
  5. https://www.medicalnewstoday.com/articles/omega-3-for-kids#benefits Diakses pada 21 Oktober 2022
     
  6. https://www.momjunction.com/articles/kids-omega-3-benefits-dosage-side-effects_00790878/ Diakses pada 21 Oktober 2022
     
  7. https://www.lipa.com.au/index.php/easyblog/benefits-of-omega-3-for-kids Diakses pada 24 Oktober 2022
     
  8. https://www.ecarf.org/en/omega-3-could-prevent-asthma-in-children/ Diakses pada 24 Oktober 2022

Artikel Lainnya di Tahapan 1 Tahun

6 Camilan Anak 1-3 Tahun yang ...

Anak usia 1-3 tahun pasti suka makan camilan. Berikut adalah rekomendasi camilan anak yang sehat...

6 Rekomendasi Mainan untuk Anak 1 Tahun

Saat anak memasuki umur 1 tahun, ia sedang senang bermain dengan mainan yang Bunda berikan. Cek...

Ketahui Tinggi Badan Anak yang ...

Tinggi badan setiap anak pasti berbeda-beda karena tergantung pada usia, berat, dan faktor genetik....

7 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan ...

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain nutrisi dari makanan,...

5 Perkembangan Motorik Anak 1-3 Tahun ...

Si Kecil akan menunjukkan berbagai macam perkembangan motorik yang perlu Bunda perhatikan dan...

Rekomendasi 5 Menu MPASI 1 Tahun, Lezat ...

Asupan MPASI 1 tahun tentunya berbeda dengan makanan bayi usia 6 bulan. Berikut adalah beberapa...


Artikel Terpopuler

Penanganan Diare pada Anak

Baca Selengkapnya >

Tips Jaga Kesehatan Physical ...

Baca Selengkapnya >

Anak Susah Makan? Simak 7 ...

Baca Selengkapnya >

Tahapan Perkembangan dan Pertumbuhan ...

Baca Selengkapnya >

Permainan Sederhana Bantu Perkembangan ...

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut