Facebook Pixel Code 30 Tips Inspiratif Rayakan Ramadan Bersama Keluarga

30 Tips Inspiratif Rayakan Ramadan Bersama Keluarga

Tips Memilih Takjil yang Tidak Bikin Angka Timbangan Badan Meroket

Waktu berbuka tiba, saatnya melahap semua makanan dan minuman lezat di atas meja makan!

Eits, tidak semudah itu. Balas dendam rasa lapar dan haus saat berbuka puasa dengan memilih takjil dengan sembarangan dan melahap semua sekaligus bukan hanya bisa membuat tubuh kekenyangan, tapi juga bikin angka timbangan badan meroket.

Alih-alih menjaga berat badan, berpuasa malah berujung naik angka timbangan.

Yang tidak boleh dilupakan adalah puasa sebetulnya merupakan ibadah yang menyehatkan. Di balik hikmah puasa paling utama adalah melatih diri untuk menjaga hawa nafsu. Hal tersebut tidak hanya diaplikasikan saat sedang berpuasa di siang hari, tapi juga setelah berbuka dan saat sahur.

Dengan demikian, segala makna dan hikmah puasa bisa didapat. Nah, agar timbangan badan tidak meroket gara-gara takjil sembarangan, berikut cara memilih takjil yang bisa Ibu lakukan:

  1. Buat sendiri
    Membeli takjil di luar memang praktis dan pilihannya banyak. Namun jika ibu dan keluarga sangat memerhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh, maka membuat sendiri bisa jadi pilihan. Dengan membuat sendiri, maka bahan-bahan yang digunakan bisa diketahui dan dipilih sesuai dengan kebutuhan tubuh.
    Misalnya kandungan gula, pilihan susu, atau buah-buahan untuk takjil. Begitu juga gorengan yang dibuat dengan air fryer atau minyak yang tidak digunakan berkali-kali. Membuat sendiri memang membutuhkan persiapan ekstra, namun kita lebih punya fleksibilitas saat mempersiapkan takjil agar sekeluarga dapat makan dengan terjaga.
  2. Hindari terlalu banyak gula
    Mengonsumsi terlalu banyak gula saat berbuka dapat mengakibatkan kenaikan berat badan yang tidak sehat maupun kerusakan pada gigi. Berdasarkan saran WHO, asupan gula tambahan sebaiknya kurang dari 12 sendok teh atau bahkan 6 sendok teh per hari.
    Makanan yang mengandung gula tambahan biasanya ditemukan pada makanan dan minuman olahan. Untuk itu, saat takjil, kurangi yang manis-manis termasuk gula yang ditambahkan saat membuat teh dan kopi. Ganti takjil-takjil dengan banyak gula tambahan dengan buah-buahan atau sayur-sayuran.
  3. Batasi makanan berminyak
    Saat berbuka, makanan takjil untuk dimakan adalah gorengan. Padahal gorengan yang berminyak mengandung kalori yang tinggi dan lemak yang tidak sehat. Kombinasi ini dapat berakibat pada meroketnya angka timbangan badan.
    Untuk itu, batasi gorengan dan makanan berminyak lainnya saat berbuka. Nikmati sesekali saja. Jika ingin mencicipi ‘gorengan’ dengan cara yang lebih sehat tanpa harus men-deep fry-nya, gunakan oven atau air fryer saat memasak. Perbanyak asupan cairan Asupan cairan sangat penting dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Gunakan waktu berbuka untuk mengganti cairan yang hilang sepanjang hari. Beberapa ahli gizi di Amerika Serikat menyatakan bahwa dengan mendapatkan asupan cairan yang cukup tubuh tidak akan selalu merasa lapar. Selain itu, minum air sebelum makan juga akan membantu mengurangi porsi makanan, sehingga berat badan tidak akan meningkat secara drastis hanya karena mengonsumsi makanan secara berlebihan.Selain melalui minuman, pilih juga makanan yang memiliki nutrisi serta kandungan air yang tinggi seperti stroberi, semangka, melon, mentimun, cabai paprika, atau tomat.
  4. Perhatikan porsi makan
    Secara tradisi, berbuka puasa merupakan perayaan setelah berpuasa seharian. Karenanya, makan berlebihan merupakan hal yang tidak lazim. Padahal makan berlebihan dapat membuat tubuh terasa lelah keesokan harinya dan bahkan naiknya berat badan di pengujung bulan.
    Oleh sebab itu, perhatikan porsi saat takjil agar tidak terlalu berlebihan. Nutrisi yang didapat pada makanan dan minuman takjil tentu tidak selengkap saat makan besar. Jangan sampai kekenyangan saat takjil membuat ibu dan keluarga berakibat tidak makan malam.
    Padahal, nutrisi yang ada pada makanan yang dimakan saat makan malam penting untuk mengganti nutrisi yang tidak didapat saat berpuasa maupun saat takjil.

Selama berpuasa, asupan nutrisi yang seharusnya masuk ke dalam tubuh di siang hari menjadi terhambat. Waktu berbuka menjadi saat yang tepat untuk menggantinya, termasuk mengganti cairan yang hilang. Oleh sebab itu, pastikan agar ibu dan keluarga mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi agar tetap bugar sepanjang bulan Ramadhan.

Sedia selalu SGM Family Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga setiap hari. Selain rasanya yang yummy, SGM Family Yummi-Nutri juga bisa disajikan dengan berbagai cara termasuk sebagai bahan membuat makanan dan minuman untuk takjil sehingga disukai seluruh keluarga.

Dengan harga hanya Rp 3000-an segelas, ibu dan keluarga bisa menikmati susu yang yummy dan mengandung nutrisi lengkap seperti DHA, IronC atau kombinasi vitamin C dan zat besi,dan nutrisi lain seperti vitamin A; D3; E; B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12; protein; zink; serta nutrisi penting lainnya.

SGM Family Yummi-Nutri tersedia dengan pilihan rasa Creamy Cokelat dan Creamy Vanilla dalam kemasan ukuran 100 gram, 330 gram, dan 690 gram.

Temukan inspirasi resep ramadan keluarga maju disini

Sumber:

  • https://www.who.int/bangladesh/news/detail/07-06-2018-need-of-watching-sugar-intake-during-ramadan
  • https://www.healthline.com/nutrition/greasy-food
  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/practical-tips-to-safely-fast-during-ramadan#Hydration
  • https://www.healthline.com/health/food-nutrition/practical-tips-to-safely-fast-during-ramadan#Be-conscious-of-portions

Lihat Artikel Lainnya