Facebook Pixel Code 10 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

10 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

10 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

10 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui

Saat hamil, pola makan atau diet seketika jadi sangat rumit. Bunda mungkin pernah mendengar rekomendasi ini dan itu dari dokter kandungan yang menangani kehamilan Bunda. Dari situ, banyak dari kita yang memperhatikan pola makan hingga si Kecil lahir.

Tapi, tahukah Bunda kalau makanan untuk ibu menyusui juga perlu diperhatikan? Sebab, bagaimanapun, apa yang kita konsumsi secara tidak langsung jadi makanan yang si Kecil terima lewat ASI.

Oleh karena itu, simak sepuluh makanan untuk ibu menyusui berikut  yang dapat dikonsumsi  dan berfungsi sebagai sumber nutrisi agar lebih optimal saat fase menyusui!

1. Ikan-Ikanan

Menurut The Mayo Clinic, sebuah pusat medis non-profit di Amerika Serikat, tuna merupakan sumber protein dan Omega-3 yang baik. Tapi, mereka menyarankan para ibu yang sedang menyusui untuk konsumsi seafood atau ikan sebanyak 2 kali/porsi seminggu. Lalu, The Mayo Clinic juga mengimbau Bunda memilih ikan dengan kandungan merkuri yang rendah, seperti ikan kembung.

2. Buah Pisang

Pisang sebaiknya jadi pertimbangan ketika Bunda memilih makanan untuk ibu menyusui. Umumnya, sih, ibu hamil memang harus konsumsi buah-buahan yang tinggi Kalium dan juga Vitamin A. Nah, salah satu buah yang memiliki dua kandungan ini adalah pisang. Jadi, coba untuk membuat pisang sebagai camilan, entah dimakan langsung, dipotong dan jadi topping bubur oat, atau dijadikan jus.

3. Kacang-Kacangan

Bund, kacang-kacangan juga merupakan makanan yang baik buat kesehatan terutama karena kandungan Antioksidan, Vitamin E, dan Serat. Selain itu, kacang tanah, misalnya mengandung protein dan lemak tak jenuh yang tinggi untuk membantu produksi ASI agar lancar dan bisa memenuhi kebutuhan si Kecil.

4. Daging Merah

Daging merah adalah sumber Protein yang harus Bunda konsumsi lebih banyak, bahkan setelah melahirkan dan sedang menyusui. Menurut The United States Department of Agriculture (USDA), makanan untuk ibu menyusui ini ditambah jumlahnya hingga 25 gram lebih banyak atau kurang lebih satu setengah sendok makan. Oleh karena itu, cobalah makan daging merah setiap hari.

5. Susu Sapi

 

Susu sapi merupakan sumber Kalsium yang sangat baik. Ketika terjadi defisiensi atau kekurangan Kalsium, ASI yang Bunda keluarkan justru akan mengandung Kalsium yang diperoleh dari tulang. Fenomena ini mirip saat Bunda hamil dulu dan bisa meningkatkan risiko osteoporosis.

6. Kuning Telur Ayam

Sama seperti daging merah, telur ayam juga merupakan sumber Protein. Tetapi, bukan itu saja kesamaan keduanya. Baik daging merah dan telur ayam mengandung Vitamin D. Khusus untuk telur ayam, bagian yang mengandung Vitamin D ada pada bagian kuningnya.

Tapi, kenapa Vitamin D menjadi nutrisi yang penting?

Sebenarnya, makanan untuk ibu menyusui yang mengandung kalsium membutuhkan Vitamin D agar bisa diserap dengan baik. Nantinya, Kalsium dan Vitamin D akan bekerja sama dalam menjaga tulang dan otot Bunda.

7. Oatmeal dan Oat

Produk-produk dengan kandungan gandum yang tinggi juga direkomendasikan jadi makanan untuk ibu menyusui. Soalnya, oat mengandung banyak sekali Vitamin (seperti Vitamin B) dan Mineral (seperti Zat Besi, Zinc, dan Kalsium). Selain itu, makanan yang satu ini juga disebut-sebut sebagai makanan dengan kandungan serat Beta-glucan yang baik untuk memicu produksi hormon Prolaktin. Hormon Prolaktin adalah hormon yang baik untuk produksi ASI.

 

8. Buah Jeruk

Selain terkenal jadi sumber Vitamin C, buah jeruk juga termasuk kategori buah sitrus. Nah, yang perlu Bunda pahami bahwa buah sitrus secara alami mengandung Asam Folat. Kandungan ini adalah salah satu jenis Vitamin B yang mendukung perkembangan otak dan saraf bayi.

9. Sayur-Sayuran

Jangan bosan kalau mendengar sayuran jadi rekomendasi makanan, terutama rekomendasi makanan untuk ibu menyusui. Soalnya, sayuran memang mengandung berbagai macam Vitamin dan Antioksidan. Bila bingung harus mulai dari mana, Bunda dapat mengonsumsi bayam, wortel, ubi jalar, dan tomat.

10. Air Mineral

Memang, sih, air mineral secara teknis bukanlah makanan. Tetapi, asupan air mineral perlu jadi perhatian agar Bunda terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat mempengaruhi produksi ASI dan para ibu hamil memang akan lebih merasa harus.

Sebagai rekomendasi, Bunda sebaiknya mengonsumsi 2,5-3 liter air per hari.Hal ini wajar sekali karena bagaimanapun juga ASI juga terbuat dari air yang Bunda konsumsi.

Kesimpulannya, pola makanan untuk ibu menyusui sebaiknya yang mendukung produksi ASI, menjaga kesehatan Bunda, serta mendukung perkembangan dan pertumbuhan bayi. Maka dari itu, pastikan Bunda mengonsumsi berbagai makanan di atas secara rutin, ya!

Lalu, untuk asupan nutrisi tambahan, Bunda dapat mengonsumsi produk-produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. SGM Bunda Pro-gress Maxx dengan Tinggi Zat Besi dirancang dengan kandungan Minyak Ikan, tinggi asam folat untuk bantu memelihara pertumbuhan dan perkembangan janin , serta Vitamin D dan tinggi Kalsium untuk bantu pembentukan dan mempertahankan  kepadatan tulang dan gigi. Pastikan untuk mengunjungi situs resmi SGM https://www.generasimaju.co.id/ untuk informasi lebih lanjut. Kemudian, jangan lupa untuk membaca label sebelum membeli. Selamat mencoba, Bund!

 

Sumber:

  • Foods to eat or avoid when breastfeeding. (n.d.). WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-breastfeeding-foods

  • Foods to eat and avoid while breastfeeding. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322844

  • Spritzler, F. (n.d.). 8 health benefits of eating nuts. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-nuts

  • NHS Choices. (2021). Vitamin D - Vitamins and minerals. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-d/

  • Murray, Donna. (2015). Eating Oatmeal to Help You Produce More Breast Milk. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/oats-oatmeal-and-breastfeeding-431850

  • Berapa Kebutuhan air Minum Ibu Menyusui? (2020, July 3). Sehati Kehamilanku. https://ibu.sehati.co/2020/07/07/kebutuhan-air-ibu-menyusu/

Artikel Lainnya di Tahapan Bayi Menyusui

Perkembangan Bayi 3 Bulan dan Cara ...

Jika sebelumnya hanya menangis saja, kini si Kecil sudah memunculkan beberapa perubahan. Simak...

Zat Besi, Nutrisi Penting untuk ...

Bagi si Kecil yang masih berusia 0-6 bulan, ASI menjadi satu-satunya sumber nutrisi. Lalu,...

Cara Menyimpan ASI Perah yang ...

Bunda yang bekerja dan sering bepergian pasti sering memerah ASI untuk si kecil. Namun, bagaimana...

Nutrisi Asi Untuk Kecerdasan Anak

Para pakar dan ahli kesehatan, juga American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan ASI...

Makanan Untuk Dukung Kecerdasan Buah ...

Tidak bisa dimungkiri, ASI adalah sumber makanan dengan manfaat kesehatan terbesar untuk buah hati.

Hormon Prolaktin Dalam Masa Menyusui

Tubuh manusia memproduksi berbagai macam hormon, salah satunya adalah hormon prolaktin. Prolaktin...


Artikel Terpopuler

Hindari Makanan & Minuman ini ...

Baca Selengkapnya >

Pergerakan Janin Trimester Kedua ...

Baca Selengkapnya >

6 Tips Penuhi Nutrisi Ibu ...

Baca Selengkapnya >

5 Cara Menyusui yang Benar ...

Baca Selengkapnya >

Perkembangan Janin Kehamilan Trimester 1

Baca Selengkapnya >

Website ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapat pengalaman terbaik di dalam website kami. Pelajari lebih lanjut